Subscribe Us

header ads

Dinas Kominfo Lakukan Pendataan dan Pemetaan Statistik di Nagari Seulayat


Seulayat, CanangNews – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Padang Pariaman melalui Bidang Statistik dan Persandian belakangan ini terlihat sibuk dengan urusan data. Sebagai walidata, mereka tengah merealisasikan mimpi besarnya agar Kabupaten Padang Pariaman punya basis data yang akurat berbasis nagari. Hal itu dimaksudkan untuk mendukung program satu data Kabupaten Padang Pariaman yang dikenal sebagai "Lumbung Data".

Langkah pertama yang dilakukan  Diskominfo, hari ini Kamis (2/7/2020) Bidang Statistik dan Persandian melakukan pendataan dan pemetaan statistik ke Nagari Seulayat Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis. Nagari ini sebelumnya telah ditunjuk sebagai pilot proyek nagari statistik di Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Drs Suhaili MH didampingi Kasi Persandian Fajri Azman SSTP MM mengemukakan, penujukan Nagari Seulayat dilatarbelakangi karena sebelumnya nagari ini sudah memiliki perangkat yang melaksanakan keterbukaan informasi publik dan punya website nagari yang dikelola dengan baik dan aktif.

"Itulah sebabnya, kami dari Dinas Kominfo bersama pemerintah kecamatan melaksanakan pendataan dan pemetaan statistik nagari ke Seulayat. Kegiatan yang kami lakukan berupa pengumpulan data, menyusun tampilan menu yang diperlukan dan menyajikannya dalam sebuah sistem yang terintegrasi," ujar Suhaili yang lebih dikenal dengan nama sapaan Pak Ai.

Pada kesempatan itu Camat Ulakan Tapakis Ali Amri mengemukakan harapan, sistem ini akan mudah diakses oleh seluruh masyarakat nagari dan pengguna internet secara umum. Dengan demikian sangat memungkinkan pihak manapun dapat melihat dan mengambil manfaat dari penyajian data ini, yang terus dikoreksi atau di-update sesuai perkembangan penduduk dan perubahan lingkungan.

Sedangkan Walinagari Seulayat Ulakan Muhammad Idris menyebutkan, pihaknya mengetahui bahwa pemerintahan saat ini sedang menuju kepada sistem pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel. Untuk itu, perlu didukung dengan sistem informasi statistik yang memadai, jujur dan akurat. Dalam hal ini setiap anak nagari datanya tersedia dalam suatu sistem aplikasi atau web nagari.

Nagari statistik adalah bentuk implementasi dari sebuah nagari digital atau smart nagari yang semua penyelenggaraan pemerintahan dilakukan dengan sistem yang terintegrasi. Program nagari digital ini tidak terlepas dari apa yang disebut dukungan data statistik yang akurat, terintegrasi, cepat, tepat dan mudah diakses. (AS/ZT)

Posting Komentar

0 Komentar