Tuapeijat Canangnews,Meskipun era New Noap masih menunggu hingga tgl 20 transportasi jalur Laut sudah bisa dibuka pada Jumat 12 Juni 2020 dengan kapasitas sesuai anjuran pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku .

Seri Eli BW Juru Bicara Khusus Penanganan Covid 19 mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini tranportasi laut antar pulau akan kembali beroperasi  namun tetap mengikuti prosedur kesehatan yang berlaku .

" Dalam Minggu ini kapal antar pulau akan kembali diaktifkan dengan kapasitas 50 persen dari penumpang biasa sehingga aman dari Covid 19 juga mematuhi aturan dengan menggunakan masker pada saat kapal berlayar" ungkapnya kepada awak media Senin 8/6/20.

Lebih lanjut BW mengatakan bahwa saat ini aturan sudah mulai dilonggarkan namun dengn catatan semua pada aturan yang berlaku terlebih terhadap penumpang untuk menyediakan surat bebas Covid yang diurus di Puskesmas setempat .

Dirinya juga mengingatkan bahwa penumpang tidak diperkenankan menyewa ruang kamar tidur pada saat hendak berlayar ataupun sudah dalam perjalanan .

Demikian juga dengan penyampaian dari Lahmuddin Siregar Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai bahwa semuanya demi kebaikan kita bersama jika itu sudah dilaksanakan maka semuanya aman dari Covid .

Namun ada pengecualian bagi warga dari Kota padang yang hendak berlayar menuju Mentawai mesti menjalani Swab tes demi keamanan wilayah dibumi Sikerei .

Lahmuddin Siregar berharap semuanya akan berjalan normal dan aman dari Covid 19 semoga musibah tersebut jauh dari daerah ini .(JS)