IV Koto Aur Malintang , CanangNews –  Gerak tanggap pemuda Kecamatan IV Koto Aur Malintang yang menamakan dirinya "Gerakan Amal Beramal" menyalurkan bantuan berupa ratusan paket sembako kepada warga yang terkena dampak corona virus disease 2019 (covid-19). 

Ratusan paket sembako  tersebut dibagikan serentak ke seluruh nagari se-Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (17/5/2020) siang.

Menurut Asrul Khairi, seorang founder kegiatan, kegiatan ini diikuti hampir ratusan relawan yang terdiri dari pemuda dan pemudi dari pelosok masing-masing nagari se-Kecamatan IV Koto Aur Malintang.

"Mereka kami undang dengan panggilan kemanusiaan untuk bersama-sama menghimpun solidaritas membantu saudara-saudaranya yang tengah dilanda wabah pandemi covid-19," ujar Asrul Khairi.

Sementara ini, lanjut dia, ada 5 (lima) indikator fokus kegiatan sasaran penerima paket sembako, Yakni lansia, anak yatim,janda, difabel / cacat dan sopir / tukang ojek. 

"Untuk aksi perdana hari ini, dana  bersumber dari amanah amal donatur. baru bisa kita fokuskan untuk indikator lansia. Insyaa Allah, secara reguler sesuai dengan pendataan tim relawan di lapangan, kita akan terus bergerak secara berkelanjutan hingga bisa mencapai 4 (empat) indikator sisanya," pungkas Asrul. 

Walinagari III Koto Aur Malintang H Azwar Mardin, ketika melepas aksi kegiatan jumat siang di Posko Relawan Rumah Kreatif menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

"Inilah sesungguhnya kekuatan pemuda. Pemerintah Nagari sangat terbantu dengan kegiatan ini. Aksi ini bisa melapisi untuk menyasar kegiatan yang belum terjangkau oleh keterbatasan pemerintah," Azwar.

Ia pun mengemukakan harapan agar aksi ini bisa terus berlanjut menjangkau lebih luas lagi jaring pengaman sosial (JPS) yang ada di Kecamatan IV Koto Aur Malintang.

Menurut Azwar, upaya penanganan dampak pandemi covid-19 memerlukan dukungan penuh pemerintah dan masyarakat. 

Senada dengan itu, Anggota DPRD Padang Pariaman Zul Efendi yang turut melepas aksi turun ke wilayah sasaran siang itu mengaku sangat terharu pada gerakan ini.

"Ini adalah misi kemanusiaan terbesar dekade ini yang digalang oleh pemuda se-Kecamatan IV Koto Aur Malintang," katanya.

Ia menghimbau kepada berbagai pihak untuk mendukung aksi ini. "Caranya dengan menjaga semangat pemuda yang mengambil peran menjadi garda terdepan ini serta dengan cara memberikan dukungan moril maupun materil," pinta legislator asal Dapil 3 Kabupaten Padang Pariaman ini yang akrab disapa Tene. 

Sedangkan Rama Putra Piliang, Korlap Nagari, menceritakan, banyak peristiwa haru yang ditemui tim saat menyisir rumah-rumah lansia yang jauh di pelosok atau pedalaman nagari.

Sawiyah contohnya. lansia yang sudah berumur lebih kurang 112 tahun ini hidup dengan serba keterbatasan bersama beberapa orang cucu di rumahnya yang sangat sederhana, tepatnya di Korong Padang Gantiang, Nagari  Balai Baik Malai III Koto, seketika ia tak kuasa menahan air matanya. 

Nenek tua ini mengucapkan terimakasih kepada dermawan yang membantu. siapapun ia. "Semoga Allah Yang Mahakaya membalas kebaikan mereka yang tengah berada di luar sana," ujar Nek Sawiyah dengan suara tuanya.

Berdasarkan informasi yang terkonfirmasi dari data Rumah Relawan Amal Beramal hingga Minggu (17/5/2020) hari ini, telah terkumpul donasi mencapai Rp 17 juta. Angka donasi ini terus bergerak naik dari berbagai dermawan yang tersebar dari ranah maupun rantau. 

Bagi donatur dan simpatisan yang hendak berpartisipasi dapat menyalurkan donasi melalui Rekening Kemanusiaan atas nama Tim Relawan Gerakan Amal Beramal pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan nomor (002) 7654-01-006797-53-6

Sedangkan Posko Centre Relawan: Rumah Kreatif berlokasi dekat Puskesmas Batu Basa, Jl Raya IV Koto Aur Malintang - Sungai Geringging. (R/ZT)