Subscribe Us

header ads

Diguyur Hujan Deras, Galapuang Kembali Longsor



AGAM, -Jorong Galapuang, Nagari Tanjuang Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, kembali dihantam longsor akibat tingginya curah hujan yang melanda wilayah itu, Jum’at (24/4) sore.
Akibat kejadian ini, jalan salingka Danau Maninjau kembali terputus ditimbun material longsor seperti lumpur, kayu dan batu-batuan besar. Tidak ada korban jiwa, namun satu unit pondok milik Epi (42) ikut diterjang longsor.
Camat Tanjung Raya, Handria Asmi menyebutkan, longsor yang terjadi di Banda Kalumpuang Jorong Galapuang berada sekitar 1 kilometer dari lokasi bencana longsor tahun lalu. Longsor tadi malam katanya membawa material pohon dan batu-batuan besar, yang menutupi akses jalan sekitar 30 meter dengan ketinggian 20-50 cm dan jalan tidak bisa dilewati kendaraan.
“Tidak hanya itu, material yang dibawa longsor juga menyumbat aliran banda Kalumpuang. Sehingga debit air yang besar dari perbukitan naik ke jalan dan memicu terjadinya banjir bandang,” ujarnya.
Langkah penanganan yang dilakukan, kata Handria Asmi, tim gabungan dari BPBD, Satpol PP-Damkar bersama aparat kecamatan dan nagari, setelah kejadian sudah berada di lokasi dan bergoro bersama membersihkan material longsor itu.
Sedangkan penanganan lebih lanjut dibutuhkan alat berat untuk membersihkan timbunan material longsor. (BJR) 

Posting Komentar

0 Komentar