Subscribe Us

header ads

ASN Pemkab Padang Pariaman Gelar Tadarusan One Day One Juz


Parikmalintang, CanangNews – Bekerja dari rumah atau berdiam di rumah saja di tengah wabah atau pandemi corona virus desease 2019 (covid-19) melanda umat manusia ternyata memberi ruang dan waktu yang lebih banyak untuk mendekatkan diri kepada Sang Khalik. Hal itulah yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman. Mereka sepakat melakukan tadarusan, membaca Al-Qur’an satu orang satu juz setiap hari alias  “one day one juz” 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Padang Pariaman Drs Azwarman MM, Selasa (28/4/2020) via telepon selulernya menyebutkan, sejak awal Ramadhan tahun ini ASN Pemkab Padang Pariaman secara bersama melakukan “one day one juz” membaca Al-Qur’an. Dalam hal ini tiap 30 ASN membentuk satu kelompok dan grup whatsapp.

 Sehingga sampai akhir Ramadhan diharapkan masing-masingnya mampu menamatkan 30 juz.

“Pelaksanaannya setiap hari. Masing-masing anggota grup “one day one juz” ini membaca 1 juz sesuai dengan urutan di rumah masing-masing. Mereka yang sudah selesai membaca 1 juz, langsung setor kepada admin grup,” kata Azwarman yang sebelum Kabag Organisasi ini.

Dikatakan Azwarman, jika hari ini si A membaca juz ketiga, maka besoknya si A harus melanjutkan membaca juz keempat. Sedangkan yang membaca juz keempat hari ini, dilanjutkan membaca juz kelima. Begitu seterusnya secara bergiliran. Secara group, setiap hari berhasil menamatkan/membaca 30 juz. Namun secara pribadi, masing-masing anggota grup akan menamatkan/khatam baca Alqur’an selama 30 hari, atau selama bulan Puasa.

“Jika ada peserta perempuan yang berhalangan membaca Alqur’an, maka kewajiban juz yang dibacanya dilelang kepada peserta untuk menggantikannya. Peserta lain pun berebut untuk menggantikannya. Sehingga tidak ada masalah bagi peserta perempuan yang tengah berhalangan datang “tamu”nya. Pembacaan Alqur’an dimulai sesudah shalat Tarawih dan ditutup/disetor menjelang shalat Isya di hari berikutnya,” kata Azwarman yang mengaku inisiator dari “one day one juz”.

Dari data di group, peserta umumnya dari ASN di Sekretariat Pemkab Padang Pariaman, ada juga pengawas SMP, asisten 2 orang, staf ahli dan kepala bagian. Belakangan ada kepala dinas yang ingin bergabung, namun group kedua tidak mencukupi sehingga batal, kata Azwarman.

Terkait dengan pelaksanaan tim Ramadhan dan kunjungan ke masjid/mushalla seperti Ramadhan sebelumnya, menurut Azwarman, ditiadakan. “Hal itu sesuai dengan kondisi wabah covid-19 saat ini. Sehingga penyerahan bantuan  kepada masjid/mushalla yang sudah dianggarkan tidak  diserahkan seperti tahun sebelumnya.  Jika tidak ada pemotongan anggaran tersebut, diperkirakan pertengahan Ramadhan ini bantuan tersebut tetap bisa diserahkan,” tutur Azwarman.

Dikatakan Azwarman, penyerahannya bisa di kantor camat saja dengan perwakilan dari pengurus masjid/mushalla yang menerima bantuan. Satu orang pun dari pengurus masjid/mushalla  sudah bisa diserahkan. Hal ini sesuai dengan standar social distancing, tidak boleh mengumpulkan orang banyak.

“Besaran bantuan Rp 5 juta untuk masing-masing masjid/mushalla. Totalnya 120 masjid/mushalla, terdiri dari 103 nagari dan 1 per kecamatan yang berjumlah 17 kecamatan. Total anggaran yang disediakan Rp 600 juta,” tutur Azwarman.  

**

GROUP  ONE DAY ONE JUZ (ODOJ) PEMBACA TETAP BERKELANJUTAN SAMPAI 30 JUZ SELAMA 30 HARI  MULAI 24 APR 2020 S/D 24 MEI 2020 

Hari Ke-5, Selasa, 28 Apr 2020
Dimulai setelah tarwih s. d magrib.  

Juz 1. Yasirli Muchtar✅
Juz 2. Yeni Yusnimar✅
Juz 3. Buyung oktarizal ✅
Juz   4. Idarussalam✅
Juz   5. Romer✅
Juz.  6. Azwarman✅
Juz   7. Elimarni✅
Juz   8. Rifki monrizal✅
Juz   9. Nila ✅
Juz   10. Nety Warni✅
Juz   11. Mirza H ✅
Juz   12. Aprizondi✅
Juz   13. Risca Dianis 👉🏻 Yuslinar Aziz, S. Pd✅
Juz 14. Nelda ✅
Juz 15. Meri Rahmadani✅
Juz 16. Vicky Harfil✅
Juz 17. Dadang Triawan. 
Juz 18. Nirda juwita ✅
Juz 19.Henri Mulyani✅
Juz 20. Anwar✅
Juz 21. Yulinas✅
Juz 22 Supartini Guru SMP 2 EL✅
Juz 23. Anisa 👉🏻 Yeni Yusnimar,  SE✅
Juz 24. Amrina Rasyida✅
Juz 25. Maharani syukri✅
Juz 26. Lisa Renkiu✅
Juz 27. Zaimarni SMP✅
Juz 28. Netty sofyan✅
Juz 29. Yulimardi Kepsek✅
Juz 30. Yulinar Aziz✅

✅ = sudah baca!

Selamat mengaji dengan ikhlas. (Arta/ZT)

Posting Komentar

0 Komentar