AGAM, -Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengharapkan agar masyarakat menunda pengurusan administrasi kependudukan apabila tidak terlalu dibutuhkan.

Hal ini untuk mengatasi terjadi perkumpulan banyak orang, supaya social distancing dapat berjalan optimal sebagai langkah mengatasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Bagi kebutuhan adminduknya mendesak, kita akan carikan solusinya,” ujar Indra Catri saat berkunjung ke Disdukcapil Agam, Senin (23/3).

Dijelaskan, bagi kebutuhan adminduk mendesak, masyarakat berurusan cukup sampai kantor nagari dan wali nagari secara kolektif akan mengurusnya. Kemudian petugas Disdukcapil akan mendatangi masyarakat tanpa harus dihadiri masyarakat bersangkutan.

“Sebelum wabah Covid-19 mengancam, kita sudah melakukan pelayanan adminduk secara massal dengan cara mendatangi masyarakat,” terangnya.

Dengan begitu, bagi yang belum terlalu membutuhkan, agar dapat menahan diri satu atau dua bulan ke depan. Apabila memang mendesak, ia akan kerahkan petugas ke lapangan.

Indra Catri juga mengimbau, bagi pegawai yang bisa tidak kontak langsung dengan masyarakat, agar mengurangi intensitas kerja dahulu. Namun petugas pelayanan terpaksa harus tetap beraktivitas dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD). (BJR)