AGAM, -Proses ujicoba pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) RKPD tahun 2021 menggunakan sistem video conference (VCON), Selasa,(24/3) berjalan suskes.
Ujicoba penggunakan perangkat VCON yang dipandu langsung bupati Agam Dr. H. Indra Catri didampingi Sekab Agam M. Dt. Maruhun, kepala Bappeda Agam Welfizar bersama tim IT Diskominfo Agam berlangsung lancar, tanpa kendala yang berarti.
Bahkan, Bupati Agam Dr. H. Indra Catri langsung menggunakan saluran komunikasi rapat VCON dengan beberapa kepala OPD Pemkab Agam, sebagai ujicoba audio-video yang akan digunakan dalam musrenbang RKPD 2021, Kamis-Jumat,(25-26/3) lusa.
Dijadualkan, musrenbang yang menggunakan perangkat khusus dengan sentral di aula utama kantor bupati Agam, seluruh peserta musrenbang, khususnya para kepala OPD Pemkab Agam berada di kantor masing-masing di depan perangkat VCON untuk berdiskusi dengan Bupati Agam atau unsur lain. Musrenbang via VCON ini merupakan yang pertama di Sumbar.
Proses persiapan yang dipantau bupati Indra Catri tersebut, berjalan lancar dan perangkatan operasional yang akan digunakan dalam musrenbang VCON tersebut secara umum sudah berfungsi dengan baik.
Menurut Kepala Bappeda, Welfizar, Musrenbang RKPD 2021 merupakan tahapan krusial yang harus dilaksanakan untuk mempersiapkan kegiatan pembangunan untuk tahun 2021 mendatang. Namun, sesuai instruksi bupati Agam, untuk menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang, sehingga dicarikan solusi, dengan memanfaatkan media video tersebut.
Pada kesempatan yang sama, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Khasman Zaini menyatakan, secara teknis tim IT Diskominfo Agam, sudah mempersiapkan perangkat pendukung yang memadai.
video conference merupakan teknologi komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang pada lokasi yang berbeda, video dan audionya bisa dilihat secara visual serta didengar bersamaan diwaktu yang sama”. ujarnya
Menurut Khasman Zaini, sistim yang diterapkan bisa diseting dari jarak jauh, termasuk pengaturan mekanisme rapat, yang diatur oleh pelaksana, khususnya dalam memberi ruang waktu bagi pembicara rapat secara bergantian sesuai giliran masing-masing. Perangkat yang tersedia, baik melalui komputer, smartphone, microphone, kamera didukung akses internet dengan aplikasi VCON itu sendiri.
“Ujicoba perangkat berjalan dengan baik, dan mudah-mudahan VCON Musrenbang RKPD 2021, berjalan lancar, tanpa gangguan” ulasnya.