AGAM, -Bupati Agam Dr. H. Indra Catri instruksikan jajarannya untuk menyiapkan bantuan untuk masyarakat. Hal ini dilakukan menyikapi anjloknya perekonomi sebagai dampak penyebaran covid-19 yang secara nasional saat ini.
Penyebaran virus corona dengan instruksi social distancing-physical distancing sehingga berdampak lumpuhnya aktivitas transportasi, urang rantau tidak bisa pulang, aktivitas dagang lumpuh, masyarakat tidak bisa berjualan karena berbagai sarana wisata tutup, produk UMKM stagnan, serta berbagai sumber pendapatan ekonomi masyarakat termasuk pertanian tidak bisa berfungsi optimal dalam menopang aktivitas harian warga.
Sementara untuk kebutuhan harian warga, termasuk biaya anak-anak yang sedang sekolah dan kuliah di luar daerah, yang diinstruksikan tidak pulang kampung dulu untuk sementara waktu, justru membutuhkan biaya tidak sedikit, untuk makan dan biaya kuliah.
“ Untuk itu, saya minta, tim gugus tugas penanganan penyebaran covid-19 Kabupaten Agam bersama unsur terkait untuk segera melakukan kajian, bantu masyarakat yang tak mampu, siapkan anggaran untuk itu, “ tegas Indra Catri saat membuka Musrenbang-RKPD 2021 sistim video conference Kamis,(26/3) di aula utama kantor bupati Agam.
Selain itu, Indra Catri yang sudah dua periode menjabat itu, menghimbau masyarakat untuk memaksimalkan kegiatan Agam menyemai, menanam berbagai jenis sayuran yang menjadi kebutuhan pokok untuk dikonsumsi, manfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam jenis tanaman yang tidak perlu dibeli.
“ Agam menyemai, merupakan langkah penghematan dan penyelamatan dalam situasi sulit seperti sekarang, “ tegasnya.
Bupati Agam itu, juga meminta izin pada ketua DPRD Agam untuk mempersiapkan berbagai kebijakan yang diarahkan untuk menyelamatkan masyarakat dari ancaman penyebaran covid-19 termasuk dalam membantu masyarakat yang tidak mampu saat ini. (BJR)