AGAM, -Menyikapi perkembangan terkini terkait bahaya pendemi covid19, seluruh OPD Pemkab Agam sampai ke tingkat pemerintah nagari jabarkan berbagai himbauan Bupati Agam yang sejak sepekan terakhir gencar dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus mematikan itu.
Berbagai kegiatan digelar masyarakat sejak Senin kemarin, terutama pembersihan seluruh sarana ibadah, membuka karpet, mengepel lantai, membersihkan tempat wudhu, penyemprotan disinfektan, pemasangan hand sanitizer dan berbagai langkah penanganan lain semakin intensif dilakukan di seluruh wilayah kabupaten Agam.
Seperti di Nagari Tiku V Jorong, kecamatan Tanjung Mutiara, sebagai wujud keseriusan berbagai elemen yang ada, di wilayah itu sengaja membangun posko khusus penanganan penyebaran covid19 yang melibatkan berbagai unsur dalam masyarakat.
Posko penanganan penyebaran covid19, disebutkan menjadi sentral informasi dan sosialisasi bagi masyarakat tentang covid19, langkah antisipasi penyebarluasan berbagai instruksi dan himbauan bupati Agam, serta berbagai langkah lain yang harus dilakukan bersama.
Seperti dijelaskan Weri Ikhwan, Kasi PEM Kecamatan Tanjung Mutiara, posko khusus sengaja dibangun di wilayah Nagari Tiku V Jorong, karena warga yang berada di nagari tersebut pekerja perkebunan yang datang dari luar daerah, sehingga pola pengawasan harus dilakukan secara ekstra dengan tim khusus yang mendatangi lokasi pemukiman dan lokasi kerja.
Langkah-langkah antisipasi, sebut Weri Ikhwan dilakukan dengan kegiatan pembersihan berbagai sarana ibadah, perkantoran, penyemprotan disinfektan, termasuk pengawasan medis bagi warga yang baru kembali dari luar daerah.
“ Kita lakukan antisipasi penanganan penyebaran covid19 sejak dini, melibatkan berbagai unsur, mengingat luas wilayah Nagari Tiku V Jorong dan banyak pekerja perkebunan yang harus dipantau. Kesiagaan masyarakat terlihat sangat tinggi, “ sebut Weri Ikhwan. (BJR)