Limpato, CanangNews -- Guna men-sterilkan lingkungan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman melakukan  penyemprotan disinfektan. Kegiatan dimulai dengan Apel Persiapan Pasukan Gabungan Penyemprotan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Halaman BPBD , Limpato,  Kamis (26./3/2020).

Tim penyemprot dibagi 2. Tim A ke Kecamatan  Sungai Limau dan Tim B ke Kecamatan 2x11 Enam Lingkung untuk menyemprot fasilitas umum seperti  masjid, kantor pelayanan umum, fasilitas umum dan pasar nagari. Tim penyemprotan terdiri dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepolisian Republik Indonesia (Polri),  Taruna Siaga Bencana (Tagana), Palang Merah Indonesia (PMI) dan Polisi Pamong Praja (Pol-PP).

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0308/Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto yang didapuk sebagai pimpinan apel dalam kata sambutannya meminta masyarakat tetap tenang,  kalau ada gejala,  laporkan. Tetap di rumah. Biarkan kami bekerja. 

Sekretaris Daerah Jonpriadi menyebutkan , desinfektan yang disemprotkan kedua tim disediakan oleh Dinas Kesehatan, merupakan cairan witol. 

"Penyemprotan ini bertujuan untuk membunuh virus yang menempel pada benda dan kita berharap petugas dapat bekerja dengan hati-hati. Patuhi SOP (standar operasional prosedur) yang telah ditetapkan Dinas Kesehatan. 

Sebelumnya, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Budi Mulya melaporkan, pada hari pertama ini tim yang diturunkan sebanyak 30 orang relawan, peralatan yang digunakan 10 buah teng,  5 buah dirigen dengan total cairan sebanyak 150 liter. kendaraan yang dioperasionalkan sebanyak 10 kendaraan roda empat. 

"Inshaa Allah kegiatan ini akan berlangsung selama 7 hari berturut-turut dengan wilayah berbeda-beda. Disinfektan yang disiapkan sebanyak 1 ton cairan," ulas Budi mengakhiri. (R/ZT)