Parikmalintang, CanangNews -- 
Mewakili Bupati Padang Pariaman, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Zahirman S Sos MM menerima kedatangan Tim Government Relations Tokopedia. Kunjungan sangat tepat karena Padang Pariaman termasuk dalam 100 kabupaten/kota smart city seluruh Indonesia. 

Pernyataan ini diungkapkan Zahirman saat menerima kunjungan Tim Government Relations Tokopedia di ruangan kerja bupati, Paritmalintang, Selasa (11/02/2020). 

Lebih lanjut Mantan Kabag Humas ini mengatakan

"Pemahaman gerakan smart city bukan sekadar bagaimana menerapkan teknologi informasi (TI) dalam birokrasi pemerintahan atau pelayanan secara digital, melainkan gerakan yang dapat menciptakan perencanaan dan pengembangan daerah layak huni yang lebih baik di masa depan serta berdayaguna untuk memberi kemudahan-kemudahan kepada masyarakat dalam meningkatkan produktifitas daerah atau daya saing secara ekonomi," papar mantan Kabag Humas ini. 

Menurut dia, konsep gerakan smart city bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat dalam semua sisi. Oleh karena itu, dengan gerakan smart city Pemerintah Padang Pariaman ingin menghadirkan berbagai kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses kesediaan transportasi, pelayanan kesehatan serta memberikan peluang dunia usaha yang sama bagi masyarakat dengan para pelaku usaha yang lebih besar. 

"Bahkan gerakan smart city akan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk hidup lebih mudah menuju sejahtera." cetus Zahirman sembari memberi kesempatan kepada Tim Tokopedia melakukan sosialisasi dan memaparkan tawaran kerjasamanya.     

Pada kesempatan itu, Arliska Fatma Rosi yang hadir mewakili Pimpinan Tokopedia menyebutkan, PT Tokopedia adalah perusahaan teknologi yang mempunyai misi untuk ikut bergerak mendorong pemerataan ekonomi secara digital. Selama lebih dari sepuluh tahun (sejak tahun 2009) beroperasi, Tokopedia telah membantu lebih dari enam juta masyarakat Indonesia untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka secara online, tujuh puluh parsen di antaranya adalah pebisnis baru. 

Setiap bulan Tokopedia dikunjungi oleh 90 juta netizen dan tercatat sebagai satu situs dan aplikasi yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia, katanya. 

"Tokopedia secara konsisten siap melakukan inovasi digital untuk kemudahan dan kenyamanan masyarakat Padang Pariaman, khususnya di sektor pendapatan asli daerah (PAD), pajak daerah serta pariwisata dan pendidikan. Bahkan mungkin bisa juga pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan petani untuk berpartisipasi dalam masa depan perekonomian Padang Pariaman. Untuk ini, Tokopedia siap  melakukan pendampingan," ujar Arliska Fatma Rosi menegaskan.

Dalam sesi diskusi, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, serta Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) terlihat sangat antusias menyikapi, bahkan ada beberapa permintaan agar kerberlanjutan dari sosialisasi ini langsung ke masing-masing OPD dalam bentuk pendampingan dan sejenisnya.

Menutup pertemuan, Zahirman menyatakan, hasil pertemuan ini akan dilaporkan kepada bupati  untuk dapat ditindaklanjuti atas nama pemerintah daerah, mungkin dalam bentuk kerjasama atau MoU antara Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan PT. Tokopedia. (MH/ZT)