Gebyar Literasi, SMP N 3 Ampek Angkek Launching Buku dan Majalah - CANANG NEWS

Breaking

Kamis, 27 Februari 2020

Gebyar Literasi, SMP N 3 Ampek Angkek Launching Buku dan Majalah



AGAM, -SMPN 3 Ampek Angkek kembali menggelar gebyar literasi, Kamis (27/2). Pada kesempatan itu juga dilaunching buku dan majalah karya siswa dan guru.

Acara ini dibuka Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perpustakaan, Camat Ampek Angkek, Kepala Sekolah se Kecamatan Ampek Angkek dan undangan lainya.

Kepala Sekolah SMPN 3 Ampek Angkek, Yetti Yulia mengatakan progres literasi di SMPN 3 ini sudah berjalan selama tiga tahun.

“Tahun 2018 diadakan launching Sagu Sabu Sasi Sabu (satu guru satu buku, satu siswa satu buku) dan menghasilkan sebanyak 85 buku,” ujarnya.

Sedangkan pada tahun 2019 melaunching 184 buku untuk literasi baca tulis, pameran literasi sains, budaya, madani dan digital.

“Pada tahun ini, kita launching majalah yang diberi nama Spenta Magz, 89 buku antologi puisi, 19 buku tunggal, 3 antologi cerpen,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada sekolah SMPN 3 Ampek Angkek. Ia menilai SMPN 3 tetap konsisten mengembangkan gerakan literasi di sekolah.

“Pemkab Agam telah menetapkan SMPN 3 Ampek Angkek sebagai sekolah penggiat literasi,” ujarnya.

Trinda menjelaskan, guru merupakan indikator keberhasilan gerakan literasi. Guru tidak hanya dituntut untuk hebat mengajar di kelas, namun pengembangan profesionalitas guru dalam hal literasi perlu ditingkatkan.

“Guru profesional adalah guru yang bisa menciptakan karya nyata, berinovasi dan menjawab tantangan masa depan dengan karyanya untuk kemajuan pendidikan,” tambahnya.



Menurut Trinda, majalah juga mempunyai tujuan khusus dalam mengembangkan kemampuan dan minat siswa.

“Sebagai media komunikasi, kreativitas, meningkatkan keterampilan menulis, membangun kebiasan membaca, melatih kecerdasan berpikir, dan melatih berorganisasi,” jelasnya.

Wabup berharap gerakan literasi SMPN 3 Ampek Angkek ini bisa menyebar ke seluruh sekolah di Kabupaten Agam. Sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Agam. (BJR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar