AGAM, CanangNews--Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam tahun ini bakal menggelar berbagai event.

Agenda itu dilaksanakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
Sesuai tagline Ayo ke Agam, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Agam. Salah satunya melalui event, yang menjadi upaya untuk menggaet orang lebih banyak berkunjung.

Kepala Disparpora Agam, Syatria di Lubuk Basung, Senin (20/1) menyebutkan, event yang digelar seperti Festival Pesona Danau Maninjau berskala nasional, yang dijadwalkan Juli 2020, selain seni budaya, dalam event ini nanti juga menampilkan sport tourism yaitu paralayang dan dragon boat.

“Selain itu kita juga menampilkan tradisi buru babi. Tidak hanya mengisi acara festival saja, tetapi lebih dari itu untuk membantu masyarakat dalam membasmi hama,” ujarnya.

Selanjutnya Tour de Singkarak (TdS), yang merupakan agenda tahunan di Sumatera Barat. Sedangkan pelaksanaannya disesuaikan dengan jadwal provinsi, begitu juga Geopark.

“Untuk Geopark dikoordinasikan jadwal pelaksanaannya bersama pemprov. Namun kita berharap tahun ini lebih banyak wisata Agam yang dilalui, di samping melewati geosite yang ada,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Disparpora juga bakal menggelar event Agam Pesona yang Beragam. Dalam event ini akan menampilkan berbagai keunggulan daerah seperti atraksi wisata, seni budaya, kuliner dan banyak lainnya. Event ini diagendakan sejalan dengan HUT Lubuk Basung.

Selanjutnya festival durian yang dilaksanakan di Palembayan dalam rangka mendukung program strategis Gelora Palembayan.

“Kita berharap melalui event ini kunjungan wisatawan ke Agam meningkat. Sehingga dampaknya lebih dirasakan masyarakat untuk peningkatan perekonomian,” ulasnya. (BJR)