Parikmalintang, CanangNews -- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Padang Pariaman Zahirman S Sos MM menerima kunjungan Diskominfo Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan. Pertemuan berlangsung di kantor bupati, Parikmalintang, Selasa (28/1/2020). 

Rombongan dipimpin oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi (Kabid TIK) Bertha Haryanto dengan mengajak dua kepala seksi (kasi). Sedangkan Zahirman  didampingi Kabid TIK Romi Satriawan Cahyadi dan beberapa orang kasi. 

Pada kesempatan itu Bertha Haryanto mengemukakan, PALI nerupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Muara Enim yang disahkan tanggal 11 Januari 2013 melalui UU Nomor 7 Tahun 2013.  

"Sebagai daerah yang baru mekar, kami perlu banyak belajar kepada kabupaten lainnya di Indonesia, termasuk ke Kabupaten Padang Pariaman yang sudah berusia lebih dari seratus tahun dan tingkat kematangannya tentu sudah sangat tinggi, bahkan sudah sering mendapat berbagai penghargaan tingkat nasional," ujar Bertha.

Menurutnya, mereka datang ke Padang Pariaman ini terdiri dari rombongan gabungan tiga 0PD (Organisasi Perangkat Daerah - red), Dinas Kominfo bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Kesehatan. "Kami ingin mendapat informasi terkait pengelolaan dan pengembangan OPD agar bisa diterapkan di kabupaten kami," katanya lagi 
.
Khusus Dinas Kominfo, lanjut dia, mereka ingin tahu langkah apa yang dilakukan untuk mewujudkan Dinas Kominfo Padang Pariaman bisa seperti sekarang ini, sejak berdirinya optimis untuk menjalani tipe A. "Kami berasumsi, tentu kepala dinasnya memiliki sesuatu yang luar biasa dan bahkan Kabupaten Padang Pariaman sudah mewujudkan Program Smart City." tanya pak Bertha Haryanto. 

Menanggapi tamunya, Zahirman menjelaskan, informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang untuk pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. 

"Dalam hal ini, keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008," tutur Zahirman.

Jadi, lanjut dia, semua kebijakan dalam melahirkan atau menjalani program dasar berpijak pada UU. Di samping UU, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman juga membuat peraturan daerah dan peraturan bupati yang mengatur tentang segala sesuatunya. 

"Namun, pendekatan regulasi itu ternyata belum cukup untuk meyakinkan semua OPD. Oleh karena itu, kami pun melakukan pendekatan persuasif menjalin komunikasi yang intens dengan semua kepala OPD di semua level kedinasan. Dinas Kominfo berbuat bukan untuk diri sendiri, melainkan untuk memfasilitasi semua OPD," papar Mantan Kabag Humas dan Staf Ahli Bupati ini

"Hal yang lebih penting adalah komitmen kepala daerah untuk mendukung program yang akan dijalankan. Komitmen dimaksud tentu berawal dari bagaimana kita meyakininya. Dalam hal ini, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni sangat respons dan mendukung penuh program-program Dinas Kominfo karena beliau memahami bahwa inilah di antara upaya untuk menciptakan pelayanan prima, memastikan kemudahan terhadap pelayanan publik dan akan bisa menata pemerintahan yang baik," urai Mantan Ketua DPD KNPI ini. 

Bahkan, tambah Zahirman, tidak jarang bupati terlibat langsung dalam persentasi di kementrian dan lembaga terkait.

Setelah mendengar pemaparan Zahirman, Bertha Haryanto menyatakan sangat berterimakasih kepada Pemerintah Padang Pariaman dan mengakui banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran dalam kunjungannya ini. Mereka berharap Dinas Kominfo Padang Pariaman tetap membuka komunikasi terhadap persoalan-persoalan yang membutuhkan jawaban nantinya sesampai di Kabupaten PALI. 

"Kami berkeinginan akan ada kesepakatan dan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten PALI dan Kabupaten Padang Pariaman terkait tata kelola pemerintah yang baik," katanya mengakhiri. (Medi Hendra / Zakirman Tanjung)