Tuapeijat Canangnews,Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan terus melakukan pengecekan kelayakan untuk memastikan kebersihan dari Depot air minum yang akan di konsumsi oleh masayrakat mentawai.

Ada Tujuh Depot yang aktif di Tuapeijat Saat Ini "Kita berharap semuanya menjual yang baik dan Aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat Mentawai .

Dirinya juga mengatakan meski demikian Dinas Kesehatan tetap akan melakukan pengecekan setiap Depot isi ulang galon untuk memastikan aman untuk di konsumsi .

"Seharusnya Setiap pengusaha terlebih bagian air galon Seharusnya memiliki Surat ijin usaha dan terjamin halal jauh dari bakteri yang langsung dikelurkan suratnya oleh Dinas Perijinan Dan Dinas Kesehatan tambah Dia.

Ia melanjutkan wajib bagi Dinas Kesehatan mengagendakan  4 Kali dalam setahun melakukan pemeriksaan secara berkala intinya duakali bagi pengusaha dan duakali dilakukan dilapangan tukasnya.

Lahmuddin Siregar Kepala Dinas Kesehatan mengatakan Bahwa ditahun 2019 pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap 30 Tempat depot air minum di Mentawai dan hasilnya sudah disampaikan langsung.

Hasil Pemeriksaan tersebut langsung Kita sampaikan kepada setiap pemilik usaha bersangkutan untuk lebih meningkatkan kualitas airnya akan tetapi Kita memiliki batas toleransi bagi yang memiliki bakteri (koli) .

Ia juga menegaskan bahwa yang layak untuk diperjualbelikan maksimal bakterinya 0 sementara yang Lebih dari itu mesti diperbaiki sebab itu akan dikonsumsi oleh masyarakat banyak .

"Bila Tempat produksinya jelas Dan lengkap seperti Tempat pencuciannya jelas ,mesinnya aktif dan langsung serta layak Maka Dinas Kesehatan siap memantau dan mengawal kualitas airnya demi masyarakt .

Terkait kebersihan pihaknya juga akan melakukan pelatihan terhadap pekerja bagian cuci galon supaya semuanya steril dan layak lanuutnya 

Ia berharap masyarakat masayarakat jeli untuk memilih air minum dengan memastikan galon yang masih Baru Dan jelas temapat produksinya .(jhn)