Subscribe Us

header ads

Ini Tanggapan Kepala Dinas Kominfo Mengenai Rencana Pemutusan Jaringan Internet Per 31 Desember

Tuapeijat Canangnews,Surat dari IFORTE No. 329/IGI/EXT/BAKTI/AR/XI /2019 telah mengeluarkan informasi rencana pemutusan jaringan internet di Kabupaten Kepulauan Mentawai .

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Heri Robertus membetulkan hal tersebut bahwa akan diputuskannya jaringan internet sesuai informasi yang sudah keluar hari ini katanya kepada canangnews saat dimintai keterangan Jumat (6/12/19).

Dikatakan dia Surat dari Iforte sudah kita terima bahwa per 31 Desember Jaringan diseluruh titik yang ada di Mentawai diputus  karena yang menjalin hubungan kerjasama itu adalah Iforte dengan  nama dulunya  adalah Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), sekarang Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI), dengan begitu kita Dinas Kominfo sudah berkordinasi dengan BAKTI bagaimana tindak lanjut untuk akses internet kedepannya. 

Ia juga menambahkan bahwa untuk saat ini ada tiga provider yang bekerjasama dengan BAKTI, yaitu Iforte, lintasarta, dan Matrasat dan dua diantaranya masih jalan yakni  Lintasarta dan Matrasat. 

Ia melanjutkan  Iforte untuk saat ini ada 59 titik yang ada providernya dan  inlah yang akan diputus pada tanggal yang ditentukan namun meskipun demikian dalam surat tersebut ada pemberitahuan  tentang solusi akses internet  bahwa dalam peningkatan layanan akses internet tersebut akan dilaksanakan penggantian perangkat VSAT C BAND dengan VSAT KU BAND itu artinya ada peningkatan jaringan tutur Heri 

untuk saat ini  kerjasama yang masih berjalan di BAKTI adalah Lintasarta dan Matrasat dengan titik yang berbeda yakni  Lintasarta ada 24 titik yang masih aktif dan Matrasat ada 14 titik.

Sesuai dengan surat BAKTI yang diterima pihak Kominfo Mentawai, bahw "Tanggal 1 Januari 2020, jaringan internet milik Iforte akan diganti dengan provider lain secara bertahap sesuai dengan surat BAKTI yang diterima oleh pihak Kominfo .

Setelah pemutusan jaringan maka akan ada frovider lain yang mengganti iForte  dengan pergantian kerjasama untuk itu  akan ada gangguan internet di 59 titik yang sudah tersebar di Mentawai .

Bicara mengenai  kerjasama  kembali  bahwa tidak akan ada kontrak baru antara Pemrintah daerah dengan BAKTI  dikarenakan bahwa  sebelumnya pihak Pemda dan BAKTI sudah ada MoU.

"Tidak akan ada kontrak baru karena sebelumnya pihak Pemerintah Daerah sudah ada MoU adapun palingan hanya perbaikan administrasi serta surat-surat penting yang perlu saja lanjutnya .

Ia juga mengatakan Setelah pemasangan peralatan baru sekolah sekolah ,Puskesmas atau fasilitas umum yang membutuhkan bantuan akses

internet dapat langsung mendaftarkan diri ke Kominfo melalui bidang Informatika  .

Kepala Dinas Kominfo menghimbau agar masyarakat  jangan kawatir persoalan ini karena hanya persoalan bongkar pasang peralatan sehingga sedikit terganggu jaringannya.(Johan)

Posting Komentar

0 Komentar