Dinkes Mentawai Bagi-Bagi Masker Km 04 Tuapeijat




Mentawai,Canangnews------Kabut asap kiriman dari Daratan Sumatera mulai berdampak di Daerah Mentawai tepatnya di Tuapeijat kecamatan Sipora Utara .Gumpalan kabut yang membuat mendung daerah sekitar Ibukota Mentawai mulai tampak .
Melihat hal tersebut Dinas Kesehatan berinisiatif membagi-bagi masker kepada setiap pengendara yang lalu lalang melintasi jalan raya Km 4 Tuapeijat .

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan Gumpalan Kabut asap adalah udara tidak segar karena sudah bercampur maka sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan tersebut maka ada baiknya untuk mengantisipasi mengingat kabut asap yang juga dapat membahayakan bagi masyarakat disekitar kita Kata Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar kepada Canangnews Rabu (25/9).

"bentuk antisipasi tersebut dinas Kesehatan ambil bagian untuk membagi-bagikan masker terhadap pengendara juga masyarakat yang lalu lalang di jalan raya selain itu hal tersebut juga  sebagai bentuk Peduli kita terhadap Dampak Kabut Asap di Mentawai "

meskipun demikian Lahmuddin mengakui sampai saat ini  dirinya belum menerima laporan terkait masalah kesehatan khususnya Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)  akibat kabut asap.
Lahmuddin melanjutkan sebanyak 2.000 pcs masker yang disediakan Dinas Kesehatan untuk dibagikan kepada setiap warga  .
bahwa sebelumnya sudah ada dinas lain seperti BPBD dan Polres Kepulauan Mentawai yang juga ikut  berpartisipasi membagi- bagikan masker kepada warga di Tuapejat.

Ia juga menghimbau kepada masyarakt untuk mengurangi aktifitas diluar ruangan jika tidak terlalu penting serta menjaga kondisi tubuh supaya tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi banyak air, serta makan sayur dan buah-buahan untuk meningkatkan stamina.

"bila ada masalah pernafasan yang tersumbat yang disebut Ispa maka segeralah ke Puskesmas terdekat supaya ditangani dengan cepat " tutur dia .
Lahmuddin berharap masalah kabut asap dapat ditangani dengan cepat juga bagi masyarakat agar tetap menggunakan masker untuk mewaspadai hal yang tidak diinginkan .( johan)


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.