Subscribe Us

header ads

Pengalaman Rohani Perjalanan Haji (1): Ketemu Jamaah yang Sudah Wafat

Catatan Dr H Helmi MAg *)

Dr H Helmi MAg (kanan) bersama Mak Etek Syahril Tuanku Sutan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Drs H Yutiardy Riva’i dan dr Dedi dari Puskeshaj Kemenkes RI

SUATU hari, selesai shalat fardhu Isya berjamaah di Masjidil Haram, ketika hendak keluar pekarangan masjid arah ke Misfalah, ditemukan  seorang jamaah haji Indonesia terjatuh, lemah dan nyaris pingsan. Jamaah haji itu seorang perempuan berusia sekitar 77 tahun berasal dari wilayah barat Indonesia.

Seorang petugas haji Indonesia dengan cekatan datang membantu, langsung membopong dan membawa jamaah tersebut ke kantor sektor terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis. Setelah menyerahkan jamaah yang sakit itu kepada petugas sektor, Petugas haji ini pun pamit untuk kembali ke kloter tempat ia bertugas.

Keesokan harinya selesai shalat shubuh berjamaah di  Masjidil Haram, ketika hendak keluar dari pelataran masjid arah ke Misfalah, di dekat ia menemukan jamaah yang sakit kemarin malam, petugas haji itu melihat jamaah perempuan yang dibantunya kemarin berwajah putih berseri di sela-sela ramainya jamaah yang berjalan. Jamaah perempuan itu terlihat melambaikan tangan ke arahnya sambil tersenyum, petugas haji yang menolong tersebut pun tersenyum.

Namun, di hatinya bertanya-tanya, kok cepat sekali sembuhnya perempuan tua itu? Untuk menghilangkan keraguan di hatinya, petugas haji ini kembali mampir di kantor sektor terdekat tempat ia mengantarkan jamaah yang sakit kemarin untuk dirawat.

Alangkah terkejutnya petugas haji ini karena jawaban dokter yang merawat jamaah yang ia antar malam tadi di luar akal sehatnya.

"Jamaah yang Bapak antar malam tadi telah wafat sekitar 10 menit setelah Bapak pergi dari sini. Kami telah berusaha memberikan bantuan secara maksimal, namun Allah berkehendak lain", kata dokter di kantor sektor.

Petugas haji ini pun bingung, lalu siapa yang dilihatnya sebentar tadi? Semoga pertanda baik, ahl syurga, aamiin.... 

Dr H Helmi MAg (kiri) selaku Pembimbing Ibadah Kloter 16 PDG mendapat ucapan selamat dari Kepala Sektor I Makkah H Mikrad sebagai kloter dengan laporan ibadah terbaik dengan prediket teladan dari 44 kloter di Sektor I


Laporan pelaksanaan ibadah haji Kloter 16


*) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman

Posting Komentar

0 Komentar