Header Ads

jasa

Pawai Takbiran Idul Adha 1440 H Meriah di Lubuk Basung


Lubukbasung,Canangnews-----Tradisi setiap tahun dalam rangka memeriahkan hari besar Islam ,ribuan masyarakat Kabupaten Agam tumpah ruah mewarnai pawai takbiran menyambut Idul Adha 1440 Hijriyah, di Lubuk Basung, Sabtu malam (10/8).
Pawai yang dimulai di depan Masjid Nurul Falah Lubuk Basung itu dilepas oleh Bupati Agam Indra Catri, didampingi Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi, Kakan Kemenag Agam Edi Oktaviandi, Sekda Agam Martias Wanto, unsur Forkopimda serta Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Agam.
Tidak hanya dipadati oleh peserta pawai, masyarakat yang menyaksikan juga terlihat tumpah ruah memadati jalan utama di pusat Pemerintahan Kabupaten Agam tersebut.
Bupati Agam, melalui Kabag Kesra Setda Agam Syatria mengatakan, antusias masyarakat atau peserta pawai tahun ini sangat luar biasa dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan jumlahnya melebihi pawai takbiran hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.
“Pawai takbiran tahun ini diikuti 74 grup yang terdiri dari pelajar tingkat SD, SMP, SMA, TPA/MDA, remaja masjid dan majelis taklim, dengan jumlah peserta berdasarkan catatan pendaftaran sekitar 2.500 orang,” ujarnya.
Sedangkan rute yang ditempuh, start di depan Masjid Agung Nurul Fallah, Simpang Tigo, Lapau Talang, Simpang IV Tangah, Polres Agam dan finish depan Masjid Agung Nurul Fallah.
Dikatakan Syatria, pawai takbiran tidak hanya sekedar berpawai, tetapi kegiatan ini juga dilombakan dengan menyediakan sejumlah tabanas dan tropi bagi pemenang.
“Penilaian dilakukan terhadap penampilan takbir, kekompakan dan hiasan yang digunakan. Tim penilai dari Kemenag Agam, LPTQ dan MUI Lubuk Basung,” jelasnya.
Sebagai hadiah lomba, juara I akan mendapatkan 3 juta rupiah, juara II akan mendapatkan 2 juta rupiah dan 1 juta rupiah untuk juara III. Setiap grup juga dibantu uang transportasi oleh Baznas Agam. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.