Header Ads

jasa

Jelang Porprov 2020, PUPR Pasbar Diminta Siapkan Tribun






Pasaman Barat, Canang News------Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) Sumbar tahun 2020,   sudah kian dekat. Masyarakat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menyambut antusias dan gembira karena diproyeksikannya kabupaten sawit ini sebagai tuan rumah Porprov yang akan dilakasanakan jelang akhir tahun 2020.

Berbagai pihak pun berharap segala persiapan baik mengenai atlit yang akan diutus serta  sarana dan lapangan olahraga yang memadai segera disiapkan sesuai standar Porprov.

KONI misalnya, mesti kerja keras siapkan atlit berprestasi. Sementara, dinasi terkait seperti Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora) Pasbar dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ,  mesti cekatan dan pro aktif melakukan persiapan sarana dan  prasarana atau sport center untuk arena lomba. 

Salah satu yang mendesak disiapkan adalah Tribun Stadion Pasbar yang terbengkalai pembangunannya, pasca putusnya kontrak pelaksanaan proyek tahun 2018 lalu. Sehingga kehadiran sebuah stadion bertaraf internasional  tersebut masih sebatas harapan.

Lalu, mungkinkah pelaksanan Porprov pada stadion Pasbar nantinya tanpa memiliki tribun. Menurut  Kepala Dispora Pasbar, Afrizal Ashar, soal sarana olahraga dan fasilitas yang dibutuhkan merupakan tanggung jawab Dinas PUPR Pasbar.

Sebab, Dinas PUPR Pasbar lah yang meganggarkan pembangunan proyek sarana olahraga Pasbar tersebut. Bukan berada di Dispora Pasbar. Dan dia yakin akan dapat disiapkan jelang Porprov 2020.“Soal sarana olahraga seperti pembangunan tribun, itu kewenangan PUPR. Mereka yang menganggarkan. Kalau tahun ini tidak dianggarkan, mungkin tahun depan, “ kata Afrizal, yang ditanya lewat phonselnya, Sabtu, 10 Aagustus 2019.

Menurut Afrizal, secara khusus tentang persiapan Porprov akan dibahas di Padang. Dia memang optimis Pasbar siap jadi tuan rumah  Porprov 2020. Dan ditargetkan akan berlangsung dengan baik serta sukses dan lancar.
“Kalau nanti sudah rapat di Padang, saya akan sampaikan bagaimana hasilnya. Tunggu saja, yang pasti segala sesuatunya pasti akan diusahakan untuk segera disiapkan, “ ujarnya.

 Sebagaimana diketahui, pembangunan Tribun pada Stadion Pasbar masih terbengkalai. Sebab,  proyek  dengan nilai kontrak Rp. 14.266.678.000  pada tahun anggaran 2018, mengalami putus kontrak  karena ketidakmampuan kontraktor menyelesaiakan proyek sesuai masa kerja yang diberikan.

Kehadiran stadion yang dilengkapi dengan tribun sebagai tempat  duduk bagi penonton, memang sangat dibutuhkan dalam ajang Porprov . Begitupun sarana olahraga lainnya, seperti kolam renang, lapangan tenis, dayung sampan, arung jeram dan lainnya.
Informasi yang diperoleh,  pembangunan proyek Tribun tahun 2018 yang dikerjakan PT Joglo Multi Ayu, dengan Konsultan Pengawas CV. Artistic Engineering Consultan,  dikabarkan hanya mencapai 52 persen.

Di lokasi terlihat pekerjaan proyek tribun pada dua titik di sisi kiri dan kanan stadion, baru selesai pengecoran kerangka besi tiang tribun. Dengan rincian, 32 kerangka tiang pada sisi  kiri stadion dan 62 tiang pada sisi kanan.  Masyarakat Pasbar berharap kelanjutan pembangunan tribun dianggarkan lagi tahun 2020 dan selesai pekerjaan pembangunannya  sebelum pelaksanaan Porprov 2020. ***irti z

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.