Header Ads

jasa

Staf Ahli Bupati Budi Prawiranegara Buka Pentas Seni "Galewang Exfo"


Kamang Magek,Canangnews----- Staf Ahli Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik, Budi Prawiranegara membuka acara Pentas Seni “Galewang Expo” di halaman kantor Camat Kamang Magek, Jum’at sore (26/7).
Acara tersebut dihadiri Camat Kamang Magek, Rio Eka Putra, Camat Lubuk Basung, Harmezi, Wali Nagari Kamang Hilia, Kepala OPD, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai serta Bundo Kanduang.
Budi Prawiranegara mengatakan, kesenian merupakan kebutuhan, terutama seni tradisional yang dapat membentuk karakter budaya seni anak nagari.
“Seni juga mempunyai arti penting dalam memperkuat ketahanan nasional. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Agam menyadari sepenuhnya akan perlunya melestarikan dan menjaga seni tradisi,” tuturnya”
Hal tersebut selalu di ingatkan oleh Bupati Agam melalui Pantun “Ambiak Kain Pambungkuih Luko, Aia Tawa Pambasuah Luko, Banyak Budayo di Nagari Kito, Tugas Kito Manjagonyo.
Selain itu, pihaknya mengharapkan, dengan di gelarnya acara tersebut, kesenian tradisional terutama kesenian anak Nagari Kamang Hilia dapat lebih berkembang di kalangan masyarakat dan generasi muda.
“Tingkatkan kualitas SDM dalam bidang seni budaya yang di landasi “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” dan diterapkan di tengah masyarakat dan keluarga,” imbaunya.
Sementara itu, panitia penyelenggara, Fahrul Rozy menjelaskan, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan terselenggara berkat bantuan dari pemerintah kecamatan dan nagari.
“Kegiatan berupa bazar, lomba nyanyi, silat tradisi yang akan di tampilkan oleh perguruan silat se Kabupaten Agam, dan masih banyak lagi,” ujarnya mengakhiri. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.