JAKARTA, CanangNews – Untuk pertama dalam sejarah, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kabupaten Padang Pariaman mencatatkan prestasi dengan tinta emas. Padi Putiah Papanai sebagai hasil inovasi dinas itu direkomendasikan oleh Tim Penilai Varietas Tanaman Pangan (PVTP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) sebagai varietas unggul.

Sidang Evaluasi dan Penilaian Calon Varietas Tanaman Pangan terhadap Padi Putiah Papanai (Padang Pariaman – Anai) berlangsung di Gedung Kementan RI, Jakarta, Kamis 27 Juni 2019 kemarin. Sidang dilakukan oleh Tim PVTP sebanyak 13 orang.


Di hadapan sidang Tim PVTP, Bupati Padang Pariaman Drs H Ali Mukhni didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Kadistan KP) Yurisman SP MM memaparkan keberadaan dan keunggulan Padi Putiah Papanai.

Sidang itu juga dihadiri Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar Dr Jekvy Hendra MSi dan Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Sumbar Ir Irawati Thamrin MP.


Selain pemaparan, Tim Distan KP juga memperlihatkan sekaligus memasak beras Padi Putiah Papanai, selanjutnya dicicipi oleh Tim PVTP.

Ketika dihubungi Wartawan CanangNews usai sidang, Kadistan KP Yurisman menyebutkan, Padi Putiah Papanai ini sudah diujicobakan dan ditanami pada lahan seluas 2.875 hektar pada lahan persawahan masyarakat sejak tahun 2015. Saat ini sedang dilakukan penangkaran bibit pada lahan seluas dua hektar.


“Dengan adanya rekomendasi Tim PVTP, kami sudah boleh melepas Padi Putiah Papanai sebagai bibit unggul kepada petani di seluruh Indonesia,” ujar Yurisman. (Zakirman Tanjung)