Header Ads

jasa

Dihadiri Bupati & Wawako, Halal bi Halal Distan KP Berlangsung Semarak



PADANG PARIAMAN, CanangNews - Kegiatan halal bi halal dan silaturrahim yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP), Kamis (23/6/2019) berlangsung semarak. Selain Bupati Ali Mukhni, acara itu pun dihadiri Wakil Walikota (Wawako) Pariaman Drs Mardison Mahyuddin.

Hal yang menarik, dalam iven tersebut panitia penyelenggara yang diketuai Kadistan KP Yurisman SP MM menyuguhkan beragam menu berbahan komoditi unggulan binaan dinas itu. Di antaranya hidangan makan siang dengan nasi berbahan beras dari padi varietas "papanai".

Selain itu, panitia juga menghidangkan aneka jenis makanan dan minuman yang berbahan komoditas unggulan lokal. Antara lain ketupat durian, teh telur pinang wangi dan juss piraweh (jambu biji).


Bupati Ali Mukhni yang didampingi beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkesan menikmati iven tersebut. Ia bahkan betah berlama-lama di Distan KP meski acara sudah selesai.

Dalam kesempatan itu, Wawako Mardison Mahyuddin datang ke lokasi acara. Setelah bersilaturrahim dengan Bupati Ali Mukhni, ia didaulat panitia untuk menyumbangkan beberapa lagu diiringi musik.

Acara halal bi halal diselingi shalat dzuhur berjamaah di Mushala (terapung) Al-Ikhlas Distan KP., makan siang bersama dan dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan Ustadz Dr (K) H Afrinaldi Yunas MA yang mengupas Firman Allah dalam Al-Qur'an Surah ke-6 Al-An'am ayat 141.


وَهُوَ الَّذِيْۤ اَنْشَاَ جَنّٰتٍ مَّعْرُوْشٰتٍ وَّغَيْرَ مَعْرُوْشٰتٍ وَّالنَّخْلَ وَا لزَّرْعَ مُخْتَلِفًا اُكُلُهٗ وَا لزَّيْتُوْنَ وَا لرُّمَّانَ مُتَشَا بِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَا بِهٍ ۗ كُلُوْا مِنْ ثَمَرِهٖۤ اِذَاۤ اَثْمَرَ وَاٰ تُوْا حَقَّهٗ يَوْمَ حَصَادِهٖ ۖ وَلَا تُسْرِفُوْا ۗ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ۙ

"Dan Dia-lah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."

Garap lahan terlantar

Menjawab pertanyaan wartawan, Bupati Ali Mukhni yang didampingi Kadistan KP Yurisman mengajak masyarakat untuk memanfaatkan waktu secara optimal dengan bekerja cerdas guna meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan.


"Manfaatkan lahan yang ada untuk kegiatan produktif. Dengan demikian, kita harapkan, tidak sejengkal tanah pun di Kabupaten Padang Pariaman yang tidak bernilai ekonomis," pinta dia.

Dalam hal ini, ulasnya, pemerintah membantu penyediaan prasarana yang dibutuhkan para petani berupa alat mesin pertanian (alsintan) "Sebagaimana Bung saksikan barusan, kita kembali menyerahkan 20 unit mesin bajak kepada kelompok tani."

Yurisman menambahkan, pengadaan prasarana alsintan yang diserahkan setiap tahun sudah sangat memadai jika dibanding kelompok tani yang ada.


Menurutnya, produksi padi Padang Pariaman tahun 2018 lalu sebesar 321 ribu ton gabah kering panen pada lahan produktif 22.856 hektar dengan produksi rata-rata 5,2 ton / hektar.

"Dengan jumlah produksi seperti itu, Padang Pariaman sudah swasembada beras dan berada pada level kemandirian pangan," cetus pria kelahiran 17 Januari 1975 ini.

Menjelang sore, Yurisman mengajak Bupati Ali Mukhni berkeliling areal Distan KP. "Kami berencana membangun ruang pertemuan bernuansa alam dan menunjukkan lokasinya kepada Pak Bupati," katanya lagi. (Zakirman Tanjung)

1 komentar:

  1. Alhamdulillah,smg dg kehadiran Bpk. Bupati di Halal biL Halal Distankp meningkatkan motivasi dan kinerja kami para pegawai di Distankp. Aamiin ...

    BalasHapus

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.