Header Ads

jasa

Bupati Indra Catri Sambut Perantau Malalak Pulang Basamo


Malalak,Canangnews-----Bupati Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah menyambut langsung para perantau Malalak yang pulang basamo pada hari Sabtu (8/6). Kehadiran Bupati Agam didampingi langsung oleh Camat Malalak, Ninik Mamak dan para tokoh masyarakat Kecamatan Malalak.
Kegiatan yang digelar di Pasar Campago Malalak ini dihadiri lebih kurang 2000 perantau yang datang dari berbagai propinsi tetangga. Antara lain dari Sumatera Utara, Riau, Bangka Belitung, Lampung dan DKI Jakarta. Kegiatan “Pulang Basamo” ini diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Malalak (IKM) Chapter Jakarta melalui H. Firza yang kemudian difasilitasi oleh IKM Bukittinggi.
Ketua Panitia Pulang Basamo IKM, Amir Koto, yang juga merupakan Wali Nagari Malalak Selatan menyampaikan bahwa kegiatan Pulang Basamo IKM ini merupakan yang perdana dilaksanakan sepanjang sejarah Kecamatan Malalak. Oleh karena itu ia mengapresiasi kekompakan para perantau Malalak dan sanak famili di kampung halaman, hingga berhasil menyelenggarakan kegiatan ini.
Amir Koto menjelaskan dalam kata sambutannya, kepulangan para perantau Malalak tahun ini akan disambut dengan berbagai hiburan tradisional sebagai pelepas rindu akan budaya kampung halaman bagi perantau. Terakhir, ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Agam Dr. H. Indra Catri yang sudah berkenan hadir dan ikut menyambut para perantau Malalak pada Pulang Basamo perdana Kecamatan Malalak ini.
Sementara itu Bupati Agam menyempatkan diri untuk memberikan sepatah kata kepada ribuan perantau yang kembali menginjakkan kaki di kampung halaman, setelah beberapa lama mengadu nasib di perantauan. Indra Catri menyampaikan terima kasihnya kepada para perantau Malalak yang telah menunjukan kecintaannya kepada kampung halaman, salah satunya dengan cara menggelar kegiatan “Pulang Basamo” untuk pertama kalinya.
Selanjutnya Indra Catri berharap agar perantau senantiasa memberikan perhatian kepada kampung halaman dengan berbagai cara, baik moril maupun materil.
“Keterlibatan perantau dalam membangun kampung halaman adalah poin dan dukungan yang sangat besar. Oleh karena itu, kita yang di kampung halaman wajib menjaga agar hati mereka tetap terpaut dengan kampung halaman ini, dengan berbagai cara. Kita yang di kampung halaman wajib menciptakan kondisi yang aman, tenang, tertib dan maju, sehingga kecintaan para perantau terhadap kampung halaman tetap terjaga dan meningkat”, ujarnya.
Selanjutnya Indra Catri juga menyampaikan arti penting kerja sama Ninik Mamak dan tokoh masyarakat di kampung halaman dengan para perantau dalam menciptakan generasi-generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan daerah ke depan.
“Ada satu hal yang jelas dimiliki oleh para perantau kita, yaitu pengalaman. Mari kita timba pengalaman itu untuk diberikan kepada anak kemenakan di kampung halaman sebagai bekal mereka ke depan. Bagi para perantau, mari ikut serta dalam pembinaan karakter dan peningkatan skill anak kemenakan kita di kampung halaman. Agar kelak tumbuh menjadi generasi penerus yang berbudi pekerti luhur dan memiliki kemampuan mumpuni dalam membawa marwah kampung halaman”, tambah Indra Catri.
Sebagai penutup, Indra Catri mengucapkan selamat datang di kampung halaman bagi para perantau, dan berharap kepulangan kali ini akan memberikan semangat baru untuk di bawa ke perantauan.
“Selamat datang kembali di kampung halaman, semoga kepulangan kali ini akan diisi dengan rasa gembira dan bermanfaat sebagai pengobat rindu setelah sekian lama di negeri orang”, tutur Bupati Agam dua periode itu(rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.