Agam.Canangnews------ Tim Safari Ramadhan 1440H (TSR) Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno menyambangi Mesjid Raya Maninjau Kecamatan Tanjung Raya.
Terlihat turut mendampingi Gubernur beserta Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno, beberapa pejabat Pemerintah Provinsi Sumbar, antara lain Asisten Ekbang Kesra, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas PU, Kepala Biro Humas, dan beberapa pejabat lainnya.

Rombongan Gubernur disambut langsung oleh perwakilan Pemerintah Kabupaten Agam yang dipimpin oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria yang antara lain didampingi oleh Asisten Ekbang Kesra, Kepala Bagian Umum, Kepala Bagian Humas, Camat Tanjung Raya dan beberapa Kepala OPD lainnya.
Tim Safari Ramadhan Pemerintah Propinsi Sumatera Barat tiba di lokasi beberapa saat menjelang waktu berbuka puasa masuk, dan langsung menikmati buka puasa bersama dengan perwakilan Pemerintah Kabupaten Agam, masyarakat sekitar dan jemaah mesjid. Kegiatan TSR Pemprov Sumatera Barat dilanjutkan dengan melaksanakan shalat Maghrib berjemaah, makan malam, dan dilanjutkan dengan ibadah shalat Isya dan tarawih.
Wakil Bupati Agam yang menyambut langsung TSR Propinsi Sumatera Barat, menyampaikan terima kasihnya kepada Gubernur Sumatera Barat beserta rombongan yang telah berkenan hadir dalam rangka Safari Ramadhan ke Mesjid Raya Maninjau.
“Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur Propinsi Sumatera Barat di ranah Agam, khususnya di Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya”, sambut Trinda Farhan Satria.
Pada kunjungannya kali ini, Irwan Prayitno menyempatkan untuk menyampaikan beberapa pesan kepada Pemerintah Kabupaten Agam dan masyarakat Nagari Maninjau, khususnya jemaah mesjid. Gubernur Sumatera Barat dua periode itu mengingatkan kembali akan arti penting dalam menjaga lingkungan dalam rangka keberlangsungan kehidupan masyarakat di masa yang akan datang.
“Penting bagi kita semua, untuk kembali menyadari arti penting kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan momentum bulan Ramadhan 1440H ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan. Silahkan memanfaatkan alam yang diberikan oleh Allah SWT ini untuk memenuhi kebutuhan, tapi jangan sampai berlebihan”, ujar Irwan Prayitno.
Tidak lupa Irwan Prayitno juga menyampaikan perkembangan kepariwisataan Sumatera Barat akhir-akhir ini.“Saat ini Sumatera Barat adalah destinasi wisata halal nomor 1 di dunia. Penilaian ini dilakukan oleh dunia internasional. Artinya adalah, kita telah memberikan ciri khas baru dalam menikmati wisata bagi masyarakat dunia. Lebih penting lagi, itu membuktikan bahwa adat basandi syarak dan syarak basandi kitabullah yang kita anut, telah menjadi standar baru dalam menikmati wisata. Oleh karena itu saya mengharapkan Kabupaten Agam, khususnya Danau Maninjau akan menjadi destinasi wisata halal unggulan di Sumatera Barat dan dunia”, harapnya.
Rangkaian kegiatan TSR Pemprov Sumbar dilanjutkan dengan pemberian bantuan antara lain uang tunai sebesar 20 juta rupiah dan Al-Quran bagi jemaah Mesjid Raya Maninjau, dan ditutup dengan ceramah agama dari Ustadz H. Muhammad Ridho(rel/bj)