Agam,Canangnews-----Meski diguyur hujar Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, pimpin  apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka peringatan  Hari Pahlawan Perang Manggopoh ke-111 di Taman Makam Pahlawan Manggopoh, tepat pukul 00.00 WIB, Jumat tengah malam.
“Apel dan renungan suci ini untuk mengenang arwah serta jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam pahlawan,” kata Wabup Trinda di sela menjadi inspektur apel kehormatan dan renungan suci.
Meskipun prosesi upacara tersebut diguyur hujan deras, namun semangat para peserta upacara tetap berjalan kuat sehingga berjalan cukup khitmad. Lampu dipadamkan dan hanya diterangi dua api obor.
Wakil Bupati Agam menyatakan rasa hormat sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan serta kesucian pengorbanan para pahlawan Manggopoh dalam mengabdi demi negara. Di akhir renungan, Trinda juga mengajak mendoakan arwah para pahlawan agar diterima Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat sebaik-baiknya.
“Inilah yang harus di rasakan seluruh anak bangsa, jangan sampai nilai-nilai patriotisme dan pejuang memudar dari waktu ke waktu, sehingga mereka lupa dengan orang-orang yang telah mengantarkan bangsa Indonesia seperti sekarang,” katanya.
Hadir mengikuti pelaksanaan upacara renungan suci tersebut pimpinan Forkopimda Plus, Sekda Agam Martias Wanto, para kepala OPD, Camat Lubuk Basung, para wali nagari se-Kecamatan Lubuk Basung serta puluhan tokoh masyarakat Manggopoh. (rel/bjr)