Header Ads

jasa

Mengenang Perang Kamang 111,Bupati Tabur Bunga di TMP



Agam,Canangnews-----Usai Mengenang perang Kamang dalam bentuk upacara Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri bersama Forkopimda Agam, tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) yang ada di Kecamatan Kamang Magek, Sabtu (15/6). Kegiatan itu dalam rangka peringatan Perang Kamang ke-111, yang sebelumnya juga digelar upacara di halaman kantor camat tersebut. Tabur bunga dilakukan di taman makam pahlawan Perang Kamang, Datuak Parpatiah Nan Sabatang, Abdul Mannan dan Tuangku Nan Renceh.
Bupati mengatakan, setiap pahlawan tidak pernah meminta untuk dihargai dan dikenang, tapi adalah sebagai kewajiban untuk menghargai dan mengenangnya.“bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya. Kita tidak dapat memberikan penghargaan atas semua pengorbanannya, hanya sepenggal do’a lah yang bisa kita kirimkan sebagai ucapan terimakasih untuk mereka,” ujar Indra Catri.
Wujud penghargaan kepada para tokoh pejuang Perang Kamang tahun 1908, dikatakan Indra Catri bahwa Pemkab Agam telah melakukan renovasi terhadap makam pejuang aksi Belanda ke-II Taman Bahagia, di Kamang Mudiak.


“Tahun ini juga bakal direhabilitasi rumah kelahiran Pahlawan Nasional A.K Gani di Kecamatan Palembayan dan membangun Tugu Monumen Pahlawan di Kecamatan Matur,” ujarnya.Dengan demikian, bupati mengucapkan selamat kepada masyarakat Kamang dan masyarakat Kabupaten Agam, dengan harapan peringatan Perang Kamang ke-111 ini, semakin memperkuat jati diri sebagai generasi pejuang yang berani menegakkan kebenaran dan memerangi kemungkaran. (AMC05)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.