76 TPS Rawan Pemilu ,Ini Hasil Petaan Bawaslu Pariaman

0


Pariaman,canangnews--- Memasuki masa tenang Bawaslu kota Pariaman melalui Kordiv Pengawasan Masyarak dan Hubungan antar lembaga Ulil Amri menyebutkan, pemutakhiran data ini dilakukan oleh petugas pengawas (PPL) TPS yang ada di kota pariaman yang berjumlah 265 orang.
"Mereka ini melaporkan kepada pihak Bawaslu bahwasanya ada beberapa variabel TPS rawan yang ditemukan," sebutnya di kantor Bawaslu Kota Pariaman pada Minggu malam (14/04).
TPS Rawan adalah setiap peristiwa yang berpotensi mengganggu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS yang berdampak pada hilangnya hak pilih, mempengaruhi pilihan pemilih dan mempengaruhi hasil pemilihan.
Sedangkan Variabel TPS Rawan ditetapkan oleh Bawaslu RI diantaranya: terdapatnya pemilih DPTB dalam TPS, kemudian terdapat pemilih DPK dalam TPS, selanjutnya TPS dekat Perguruan Tinggi, dekat Rumah Sakit dan lembaga pendidikan seperti Pondok Pesantren.
"Salah satu Variabel yang paling mencolok adalah hak pilih dan hilangnya hak pilih yang ditemukan pada 76 TPS yang berpotensi nantinya terjadi kerawanan terhadap pemilih, misalkan pada DPTB Pemilih Pindah dan Pemilih Khusus (DPK)," katanya.
Lebih jauh ia menjelaskan, potensi kerawanan pada DPTB seperti salahnya pemberian surat suara pada pemilih, contohnya pemilih yang pindah antar profinsi yang seharusnya mendapatkan kertas surat suara hanya satu, bisa jadi petugas KPPS memberikan lebih dari satu surat suara akibatnya TPS terkena sanksi yakni pemilihan ulang.
Sedangkan potensi kerawanan di DPK adalah potensi tidak dilayani, karena bisa jadi disaat pemilih akan menggunakan hak suaranya, namun surat suara kurang atau sudah habis.
"Semuanya telah kita tindak lanjuti di jajaran di Bawaslu, supaya bersama-sama memantau persolan tersebut secara serius, agar Pemilu di pariaman ini berjalan dengan baik," ulas Ulil
Hasil analisis TPS Rawan dari 4 Variabel diatas dari 265 TPS di Kota Pariaman:
1. Pemih dalam DPTB dalam TPS 167
2. Pemilih DPK dalam TPS 91
3. DPTB+DPK 76
4. TPS dekat lembaga pendidikan 19
5. dekat posko tim peserta pemilu13
6. dekat Rumah Sakit 10
7. dekat Perguruan Tinggi 5. (man)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top