Header Ads

jasa

600 anak Kota Pariaman Meriahkan Peringatan HAN Ke-9


Pariaman,canangnews-----Sekitar 600 anak Kota Pariaman ikuti acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke 9 tingkat Kota Pariaman yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman di Pentas Utama Pantai Gandoriah Pariaman, Senin (29/4/2019).
Hadir Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Ketua HIMPAUDI Kota Pariaman Lucyanel Genius, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Kanderi, Ketua IGTKI Kota Pariaman, Bunda PAUD Kota Pariaman, Kepala Sekolah, guru, pengelola, pendidik PAUD se-Kota Pariaman dan anak-anak PAUD se-Kota Pariaman.
Walikota Pariaman Kota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya mengatakan anak adalah aset bangsa, karena itu tugas kita bagaimana menjadikan anak-anak yang sehat, cerdas dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Anak-anak harus kita lengkapi dengan pendidikan yang berkualitas. Kemudian dari segi kesehatan dan pertumbuhan badannya juga harus kita perhatikan, berikanlah protein yang tinggi.
" Sekolah-sekolah harus mengajak anak-anak untuk rajin makan makanan sehat. Caranya dengan memajang gambar makanan sehat didinding sekolah supaya anak-anak ini minta ke orangtuanya dirumah untuk makan makanan sehat,  jangan hanya makan mie instan yang tidak sehat dan jajanan anak sekolah lainnya ", ujarnya.
Genius juga mengimbau kepada Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kota Pariaman perlu untuk melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah guna memberikan makanan yang sehat bagi anak-anak kita, supaya anak-anak kita  jangan menjadi anak yang stunting dan memiliki pemikiran otak yang lemah, anak-anak yang sehat itu tingginya cukup kemudian pemikiran otaknya cerdas karena mendapat asupan gizi yang cukup dari sisi proteinnya.
Kemudian, untuk upaya penurunan angka 17% stunting di Kota Pariaman sudah kita lakukan, saya pikir angka tersebut cukup tinggi dan harus kita turunkan walaupun itu lebih rendah dari angka nasional, tetapi karena kondisi Kota Pariaman yang di pinggir pantai, maka seharusnya makanan disisi protein seperti ikan khususnya sangat gampang didapat.
" Kita harus melakukan usaha bersama untuk menurunkan angka stunting ini sehingga generasi muda di masa depan akan lebih baik ", tutupnya.
Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kanderi Peringatan Hari Anak Nasional ke 9 tingkat Kota Pariaman ini diikuti oleh sebanyak 600 orang anak-anak Kota Pariaman yang mewakili utusan masing-masing PAUD serta didampingi oleh guru dan orangtua.
Lomba yang diadakan adalah lomba mewarnai, lomba bercerita, lomba menggambar dan lomba membaca ayat-ayat pendek yang pada saat ini sedang berlangsung di Mesjid Bahari Pantai Gandoriah karena sebagian diantara ini sudah mulai dilaksanakan.
Tujuan pelaksaan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat dan minat anak PAUD di Kota Pariaman, mengembangkan nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin dan bekerja keras. Anak harus dibentuk menjadi anak yang kreatif, mandiri, berprestasi, gemar membaca dan peduli lingkungan.
Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat) secara simbolis yang merupakan program dari pemerintah pusat. (*)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.