Header Ads

jasa

Wako Sawahlunto Canangkan Kampung Bebas Narkoba





Sawahlunto.canangnews----Walikota Sawahlunto, Deri Asta, SH  mencanangkan Kelurahan Tanah Lapang Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto sebagai Kampung Bebas dan Bersih dari Narkoba, Rabu yang lalu . Pencanangan ditandai Wako pemberian penghargaan Kepada Lurah Tanah Lapang, Peto Lubis SAP.MAP serta membubuhi tandatangan di atas sebuah spanduk sebagai bentuk dukungan terhadap program tersebut, kemudian hal serupa dilanjutkan oleh para pejabat beserta masyarakat yang hadir.

Wako mengapresiasi Pencanangan Kampung Bebas dan Bersih dari Narkoba, pertama di Sumatera Barat.“Mudah-mudahan, kampung bebas narkoba disusul oleh desa dan kelurahan lain,” ujarnya.Wako juga berharap pasca pencanangan, pihak kelurahan membuat inisiatif kegiatan yang dapat mencegah beredarnya narkoba di kalangan masyarakat.

Selanjutnya, menurut Wako ada dua hal langkah utama yang harus dilaksanakan guna mencegah narkoba, pertama melakukan kegiatan positif terutama ditujukan bagi generasi muda seperti usaha kerajinan souvenir atau bentuk lain. Kedua, memperkuat kadar keimanan masyarakat dengan meramaikan masjid, musalla dan membuat kegiatan-kegiatan keagamaan yang bisa mendekatkan diri pada keimanan.

 “Peredaran Narkoba selalu berevolusi , gampang menyentuh anak-anak muda termasuk mereka yang tidak punya pekerjaan,” sambungnya.
Disamping poin di atas, Pemko akan berinisiasi dengan pihak BNN Kota membuat Ranperda tentang penyalahgunaan peredaran dan penggunaan narkoba  maupun zat adiktif lainnya.

Sebelumnya Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sawahlunto Drs. Guspriadi.MM mengemukakan, program kampung bebas narkoba tahun ini merupakan prioritas utama. Sementara Lurah Tanah Lapang, Pento Lubis dalam sambutannya mengungkapkan, “Pencanangan kampung bebas narkoba  sudah merupakan komitmen dan roh bersama masyarakat. Proses tersebut telah dilakukan tahun 2018 melalui sosialisasi, menghadirkan narasumber dari BNN serta membentuk relawan anti narkoba”, Ungkap Peto.

Bekerjasama dengan Tim Pengerak PKK Kota, pencanangan yang ditempatkan di Garase PTBA UPO Kota Sawahlunto diwarnai pula penyematan Pin Anti Narkoba kepada 2 orang perwakilan warga Tanah Lapang oleh Kepala BNN dan Ketua PKK Yossy Deri Asta. Selanjutnya pembacaan ikrar anti narkoba dipimpin Ketua Dasa Wisma Kelurahan Tanah Lapang serta pemasangan stiker.

Turut hadir dalam rangkaian acara, Dandim 0310/SSD (Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya) Letkol Infantri Irvan Yusri, SIP, Kepala Kankemenag H.Idris Nazar,SE, S.Pd.I, MM, utusan Polres, Kejaksaan, Isteri Wawako Ir.Neldaswenti, M.Si beserta  pejabat di lingkungan Pemko Sawahlunto. (An)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.