Header Ads

jasa

Jelang USBN,MKKS SMK Pasbar Matangkan Persiapan




Pasamanbarat,canangnews----Sekolah Menengah  Kejuruan ( SMK) se Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar) melalui keputusan Musyawarah Kepala-Kepala Sekolah (MKKS), sepakat melaksanakan seluruh ujian akhir kelas XII, berbasis komputer.

Tidak hanya  UNBK  ( Ujian Nasional Berbasis Komputer ) tapi juga USBNBK ( Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer), untuk semua mata pelajaran.

Bahkan untuk mengatasai keterbatasan client PC atau laptop, dan menjadikan ujian satu sesi atau maksimal dua sesi saja, maka peserta ujian USBN dapat menggunakan pula HP android alias USBN berbasis  android.

Hal itu disampaikan Ketua MKKS SMK Pasbar, Hj. Asmurniati, SPd, MSI dalam kegiatan pembukaan Pengeditan dan Pengentrian soal USBNBK Rabu 27 Februari 2019 di Hotel Guci Simpang Empat.


Diperkuat pula oleh Kepala SMKN 1 Kinali, Syahrul, SPd, yang mana sekolah tersebut telah memastikan melaksanakanUSBNBK hanya satu sesi. Dan dapat dilaksanakan dengan menggunakan HP android.

Menurutnya menggunakan HP android itu dapat mengatasi kekurangan client dan siswa dapat dengan mudah menggunakannya.

Kegiatan pengentrian soal USBNBK yang dilaksanakan selama dua hari sampai 28 Februari 2019, itu dihadiri kepala kepala SMK se Pasbar, baik negeri maupun swasta serta proktor masing-masing sekolah.

Ketua MKKS Asmurniati berharap kepada para proktor untuk dapat mengentrikan soal dengan baik sesuai ketentuan aplikasi yang akan digunakan. Sehingga nantinya dalam ujian dapat berjalan dengan lancar sesuai waktu yang diberikan. Apalagi katanya, dengan mata pelajarannya yang cukup banyak mencapai 14 Mata pelajaran terutama sekolah yang masih menggunakan kurikulum KTSP 2006.

Ia menegaskan agar soal USBN jangan sampai bocor pada siswa. Karenanya ia minta para proktor yang mengentrikan soal agar menjaga betul kerahasiaan soal tersebut.

“Kita memang ingin anak kita dapat niai  ujian dengan bagus, tapi tidak dengan cara- cara curang atau cara yang melanggar aturan. Oleh karena itu saya minta soal jangan sampai bocor sebelum ujian. Saya yakin, masing-masing sekolah sudah mempersiapkan anak lebih baik seperti dengan belajar tambahan, “tegas Asmurniati, yang disapa Bunda tersebut.

Selanjutnya kepada para kepala sekolah ia juga minta untuk lebih disiplin ke depan dalam kegiatan MKKS. Sebab selain ada yang sering terlambat datang kegiatan, bahkan ada pula sebagian yang kurang aktif dalam kegiatan MKKS.

Sementara itu Korwas SMA/SMK  Pasbar, Drs. Khaidir  ketika  membuka secara resmi kegiatan tersebut mengucapkan selamat kepada MKKS SMK Pasbar yang dinilainya lebih maju dan kreatif dibanding MKKS SMA.

Salah satunya dengan kegiatan pengeditan dan pengentrian soal USBN yang menghadirkan proktor dan secara khusus menempatkan acara pada satu tempat, yakni di Hotel Guci Simpang Empat.

“ Saya beri apresiasi positif pada MKKS SMK Pasbar yang nampak kekompakan dan keseriusannnya dalam mempersiapkan USBN ini dengan baik. Apalagi dengan adanya trosbosan memperkenalkan HP android sebagai client untuk peserta ujian. Semoga ke depan SMK Pasbar akan senmakin maju dan lebih berkualitas, “ kata Khaidir.

Ia juga berharap dengan adanya Kantor Cabang DInas (Kacabdin) Dinas Pendidikan Provinsi wilayah Pasbar dan Agam di Lubuk Basung, kiranya dapat mempermudah dan memperpendek jarak dalam urusan pendidikan. Dan diharapkan katanya dalam beberapa bulan mendatang semua urusan terutama bidang administrasi pelaporan dan pelayanan pendidikan menengah atas telah dapat dilayani di kantor Kacabdin.

Selanjutnya ia berharap kepada para kepala sekolah agar mempersiapkan dengan baik program sekolah masing-masing. Dan direncanakan akan diminta presentasinya kepada kepala sekolah dalam forum kegitan Kacabdin nantinya. (irti Z)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.