Header Ads

jasa

Kamar Blok D Lapas Biaro Bukittinggi Terbakar


Bukittinggi,canangnews---- Siang bolong telah terjadi kebakaran yang melanda Blok D,meliputi  kantin dan ruang samping Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas II A Biaro, Bukittinggi,  terbakar sekitar jam 14.00, Senin (21/1).
Penjelasan kepala lapas kelas II A Biaro, Marten, setiap blok ada petugas jaga, dan petugas tersebut yang memberitahukan asal api dari kamar 3 blok D yaitu blok samping.
"Kebakaran terjadi saat napi sedang bekerja di dapur, ladang, dan beternak ayam. Kamar 4 blok D samping dapur yang paling parah. Penghuni Blok D sebanyak 74 orang terbagi 62 orang laik-laki 12 orang wanita," terangnya.
Sementara itu Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana, SIK,MH mengucapkan syukur karena api dengan cepat dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Dan yang terbakar ada 4 kamar di blok D, semua napi dapat diselamatkan.
Sedangkan napi-napi yang ada disekitar blok D diamankan dahulu berdasarkan keterangan kalapas Biaro ke Blok C, B dan A yang ada disamping-samping blok D.
"Untuk saat ini masih daam proses pendinginan ruangan yang terbakar dan tim indentifikasi polres Bukittinggi belum bisa masuk kedalam, sehingga untuk penyelidikan diduga penyebab kebakaran nanti akan disampaikan lebih lanjut," ucapnya.
Saksi-saksi dari kamar 4 tersebut ada napi sebanyak 15 orang dan ada juga saksi dari kamar 3 sebanyak 5 orang, kesemuanya itu sedang ditanya satu persatu untuk mengetahui sejauh mana kronologi kejadian awal api dari mana. Setelah itu tim indenfikasi akan masuk setelah proses pendinginan.
"Karena situasi di dalam kamar 4 tersebut masih banyak bara api, sampai saat ini asal api masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, kita menunggu dari petugas damkar untuk masuk kedalam asal api," katanya.
Tim pertolongan pertama PMI Kota Bukittinggi dengan menggunakan kendaraan ambulance terdiri dari 1 orang tenaga medis dan 4 orang relawan turut pula memberikan pertolongan pertama pada kejadian tersebut.
"Dari kejadian tersebut, Alhamdulillah semuanya selamat dan tidak ada korban jiwa dan juga semua napi setelah dicek satu persatu, utuh semuanya dihitung pas sesuai dengan semula jumlah napi," . (Rul,Bjr/mk))

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.