Header Ads

jasa

Tim Penggerak PKK Kota Pariaman Ikuti Lomba IVA Tingkat Nasional




 Pariaman,Canangnews -- Kota Pariaman berhasil mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk mengikuti lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) ditingkat nasional. Tim penilai dari nasional langsung mengunjungi Kota Pariaman terdiri dari Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Pusat, Laksmi Widiyastuti, anggota Pokja IV, Yuniartari, Wakil ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny.Wartawati Nasrul Abit dan Ketua Pokja IV TP PKK Provinsi Sumbar, Fakhrizal Basir.
Wakil Walikota Pariaman Genius Umar ketika membuka acara tersebut mengatakan penilaian lomba IVA Test Tingkat Nasional mewakili Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018 di Kantor Camat Pariaman Tengah Kota Pariaman, Selasa (14/8).
Dalam sambutannya Genius Umar mengatakan, kita ketahui bersama bahwa Penilaian IVA Test Kota Pariaman tingkat nasional pada hari ini dapat menjadi semangat serta motivasi untuk terus menjaga prilaku hidup bersih dan sehat, bukan semata–mata untuk mendapatkan penghargaan.
 “Insya Allah kegiatan yang telah dilakukan selama ini menjadi salah satu bentuk upaya preventif yang bisa dilakukan dalam memberikan kesadaran kepada setiap perempuan di Kota Pariaman untuk lebih menjaga diri dalam rangka meminimalkan potensi dari kemungkinan terjangkit kanker serviks, khususnya di Kota Pariaman,” ujarnya.
Genius juga berharap semoga kedepannya kegiatan IVA Test ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga masyarakat khususnya kaum perempuan yang ada di Kota Pariaman dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA Test sebagai deteksi dini pencegahan kanker serviks,” tutupnya.
Sementara itu Ketua Pokja IV TP PKK Pusat, Laksmi Widiyastuti mengapresiasi TP PKK Kota Pariaman dan segenap masyarakat Kota Pariaman yang secara bersungguh–sungguh telah melaksanakan berbagai macam program gerakan PKK dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan gerakan PKK.
“Pada dasarnya kegiatan ini adalah kegiatan yang bersifat gotong royong yang sesungguhnya telah dilakukan oleh bangsa Indonesia sejak zaman kemerdekaan, bahkan kemerdekaan Indonesia dahulu diperoleh dengan semangat gotong royong saling bahu membahu seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” terangnya.
Dikatakannya, semangat gotong royong melalui gerakan PKK seperti inilah yang harus kita tetap gelorakan, tetapi kegiatan ini bukanlah melawan penjajahan melainkan melawan kemiskinan guna mencapai keluarga dan masyarakat yang sejahtera.
“Ada hal yang sungguh membanggakan bagi kita semua, ternyata dari sejumlah desa dan kelurahan yang menjadi nominator lomba dalam rangka HKG PKK ini, Alhamdulillah bahwa nilai-nilai positif terhadap pencapaian sasaran pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan, artinya lomba ini memiliki nilai strategis dan dasar sehingga mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat luas,” pungkasnya.
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Pariaman beserta segenap jajaran pemerintah daerah Kota Pariaman yang senantiasa memberi bantuan terhadap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Pariaman sehingga gerakan PKK mampu berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing – masing.
Ia berharap semoga pencapaian Kota Pariaman sebagai perwakilan Sumatera Barat dalam rangka HKG PKK 2018 Lomba Penilaian IVA Test Tingkat Nasional mendapatkan hasil yang terbaik dan keluarg sebagai juara I di Tingkat Nasional pada tahun ini.


Kota Pariaman tercatat 2.225 orang perempuan yang telah melakukan IVA test selama periode Januari hingga Desember 2017. Untuk wilayah Provinsi Sumbar, Kota Pariaman merupakan daerah pemeriksaan tes IVA yang paling tinggi sehingga ditunjuk sebagai perwakilan nasional pada Maret 2018. Dari empat kecamatan yang mengikuti tes tersebut, Kecamatan Pariaman Tengah menyumbang angka paling tinggi yaitu sebanyak 1.077 disusul Kecamatan Pariaman Selatan 414. Kemudian Kecamatan Pariaman Timur sebanyak 388 dan Kecamatan Pariaman Utara 346 perempuan. (H/Tya)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.