Header Ads

jasa

Wako Mukhlis Ingatkan Pesantren Ramadhan Membina Mental dan Spiritual Siswa






Pariaman,canangnews ---Pesantren ramadan merupakan hal yang  penting bagi generasi muda untuk membina mental dan spritual, penanaman keimanan serta menambah pengetahuan siswa tentang keagamaan. 

Ungkapan tersebut  disampaikan  Walikita Pariaman Mukhlis Rahman ketika membuka   kegiatan pesantren ramadhan 1439 H di Mesjid Raya Badano, Sungai Rotan, Senin 28/5.

Pesantren tersebut  berlangsung dari tanggal 28 Mei 2018 hingga 8 Juni 2018, dengan peserta siswa-siswi tingkat SD - SLTP sederajat se-Kota Pariaman.

Dikatakan,"Pesantren Ramadhan merupakan program Pemerintah Kota Pariaman yang harus kita sukseskan bersama. Sebagaimana generasi muda kita di kota ini harus menjadi generasi yang dekat dan rajin beribadah di mesjid agar terhindar dari pengaruh narkoba dan pornografi",

Mukhlis berpesan kepada peserta pesantren ramadhan agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena waktu selama proses belajar di sekolah tidak cukup untuk memperoleh pengetahuan dan memperdalam tentang keagamaan seperti pola pesantren tersebut.

"Kepada pendamping serta narasumber dalam kegiatan ini diharapkan nantinya dapat memberikan pemahaman keislaman yang menyeluruh (kaffah) sehingga peserta dapat memahami susbtansi ajaran agama agar generasi muda kita tidak terjebak pada radikalisme dan anarkisme yang akhir-akhir ini melanda sebagian generasi muda kita", tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi menambahkan tempat pelaksanaan pesantren ramadhan dilaksanakan di sekolah, mushalla sekolah maupun mesjid atau mushalla yang terdekat sekolah.

Bentuk pelaksanaan kegiatan pesantren ramadhan berupa praktik ibadah seperti shalat dhuha dan shalat dzhuhur secara berjamaah serta kegiatan pembiasaan akhlak mulia seperti tadarus, infaq dan zikir.

"Selain kegiatan tersebut juga ada kegiatan pengembangan materi pendidikan Agama Islam seperti tahfizh Al Qur'an, tafsir dan akhlaq serta problem remaja dan solusinya menurut Islam",ulas Kanderi(h/fir).


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.