Header Ads

jasa

Sungai Buluh Utara Membangun Kantor Walinagari


Pondasi Kantor Walinagari Sungai Buluh Utara 

Batang Anai, CanangNewsMeskipun berstatus nagari pemekaran dan baru eksis sekitar satu tahun, Sungai Buluh Utara (SBU), Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, telah memperlihatkan kemajuan luar biasa. Berbagai kegiatan pembangunan dan sosial kemasyarakatan berlangsung pesat dan lancar.

“Semua itu terlaksana berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat serta kerjasama semua perangkat nagari dan korong,” ujar Penjabat Walinagari SBU By Rayo SPd di Kantor Bupati – Paritmalintang, Selasa (13/2/2018).

Menurutnya, kegiatan pemerintahan sebagai nagari pemekaran baru berlangsung efektif sejak awal tahun 2017. Namun, di penghujung tahun masyarakat bersama perangkat nagari sepakat memulai pembangunan kantor walinagari berukuran 9 x 9 meter Selain itu juga dilaksanakan pembangunan prasarana jalan dan irigasi.

Ia menyebutkan, sebagai pemekaran dari Nagari Sungai Buluh – SBU terdiri dari empat korong. Yakni Kelok Licin, Kampung Apa, Kampung Apa Utara dan Surantiah Parak Pisang, masing-masing dipimpin walikorong. Sedangkan di tingkat nagari ada sekretaris, tiga kepala urusan (kaur) dan beberapa staf.

“Merekalah yang membantu kami menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan,” ujar By Rayo yang memiliki tugas utama sebagai Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Pubrik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Padang Pariaman.

Penjabat Walinagari Sungai Buluh Utara, By Rayo S Sos (kanan) ikut bergotong-royong bersama masyarakat 

Untuk melaksanakan tugas-tugas walinagari, By Rayo mengaku selalu berkoordinasi dengan perangkat nagari dan korong. Ia pun mengaku berpandai-pandai membagi waktu, bahkan sering menghabiskan hari libur Sabtu dan Minggu di Nagari SBU.

Saat ini, lanjut dia, SBU tengah melaksanakan proses pemilihan walinagari (pilwana). Bersama 73 nagari lainnya, SBU akan menyelenggarakan pilwana serentak pada tanggal 17 April 2018. Untuk menduduki kursi walinagari definitif, ada empat calon yang mendaftar. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.