Pertama Di Indonesia,Bawaslu RI Lounching LPP

0


Pariaman,canangnews --- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pariaman Launching Lapau Pengawasan Partisipatif (LPP) di Desa Sikabu, Kanagarian Kuraitaji, Pariaman Selatan, Rabu (21/2). Lapau Pengawasan Partisipatif ini adalah satu-satunya program Bawaslu yang ada di Indonesia.
Acara ini dilaunching oleh Frizt Edward Siregar salah seorang pimpinan Bawaslu RI di Divisi Hukum. Dalam sambutannya, Fritz menyampaikan apresiasi atas apa yang dilakukan Bawaslu Pariaman, karena membuat Lapau sebagai tempat pengawasan partisipatif.
“Lapau adalah khas sebuah daerah. Hal ini belum tentu bisa dibuat di kota-kota lain. Di Pariaman,  lapau sudah menjadi budaya, tempat dimana banyak orang berdiskusi dan bersosialisasi.  Hal ini bagus dan perlu didukung,” ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman dalam sambutannya menyampaikan dipilihnya konsep lapau oleh Bawaslu adalah ide yang sangat luar biasa, sebab di lapau selalu banyak beredar informasi.
"Daripada diadakan sosialisasi di sebuah gedung, peserta banyak yang belum tentu paham, sementara kalau di lapau, masyarakat lebih cepat memahami," tukasnya.
Ketika berkunjung ke salah satu LPP yang berada di Desa kampung Apar, Ketua Bawaslu Kota Pariaman Elmahmudi menyampaikan bahwa disetiap LPP telah diletakkan koin dinding (KODING) untuk masyarakat yang kekurangan ekonomi namun tetap ingin minum kopi di lapau. Mereka bisa memanfaatkan koin tersebut untuk memesan kopi secara gratis. Bawaslu sudah menitipkan uang kepada pemilik LPP dan ditukarkan dengan koin. Di Kota Pariaman ada 71 Desa dan Kelurahan, dimana di setiap desa dan kelurahan tersebut mempunyai LPP.
Acara ini dihadiri oleh Bawaslu RI, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatra Barat Surya Efitrimen, Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria, kepala desa dan lurah se-Kota Pariaman, pemilik lapau pengawasan partisipatif  dan anggota Bawaslu Kota Pariaman.
Dalam kesempatan ini, rombongan Bawaslu RI melaksanakan serangkaian kegiatan; pemasangan Deta sebagai simbol kehormatan kebada tamu, Launching Lapau Pengawasan Partisipatif, pembukaan tirai nama-nama LPP, penerbangan balon, peninjauan terhadap LPP dan ditutup dengan makan bajamba.


Pada kesempatan yang sama pemilik lapau Warung Riky yang juga hadir pada pertemuan tersebut kepada canangnews mengatakan lapau awak da adolah Lapau politik yang talatak di simpang tugu Tabuik kampuang cino Pariaman,Tentu moment yang seperti ini sangat strategis bagi lapau ambo untuk  hadir .konon termasuk dalam radar pemantauan ,soalnyo urang urang yang berkecimpung hadir  silih berganti apalagi mancikaro i  soal pilkada dan lain lain sebagainya .


Kadang kadang lapau ambo ko adolo nan ma agiah namo lapau Parlemen  nan duduak di siko ko masyarakaik piaman alah banyak tau apo lagi lua Piaman ,soal sumber informasi dilapau iko cukup banyak  soalnyo nan duduak di lapau ambo ko berbagai element nan duduak jadi ndak salah lapau ambo ko  diundang oleh Bawaslu kota Pariaman untuk hadir dalam LPP ko (h/ad)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top