Header Ads

jasa

Pilwana Sikucur Barat, Baru Satu Calon yang Mendaftar


Syamsul Bahri (paling kanan) menyerahkan berkas pendaftaran calon walinagari

Sikucur, CanangNewsSetelah tiga hari pembukaan pendaftaran calon sebagai rangkaian awal proses Pemilihan Walinagari (Pilwana) Sikucur Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, tanggal 8 Januari 2018, baru 1 calon yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran. Pilwana dijadwalkan berlangsung serentak pada 74 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, 4 April 2018.

"Pendaftaran Calon Walinagari Sikucur Barat dibuka pada tanggal 8 sampai 16 Januari 2018. Namun, pada hari ketiga baru 1 calon yang mendaftar, yaitu Syamsul Bahri dari kalangan pers, media Sumbar Pos," kata Ketua Pilwana Sikucur Barat, Azwar Anas, Rabu (10/1/2018).

Ia mengatakan, melihat kondisi di lapangan atau dari masyarakat, ada enam Calon Walinagari Sikucur Barat yang diprediksi akan mendaftar. Namun, itu hanya prediksi, yang jelas baru 1 calon yang menyerahkan berkas pendaftaran," ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, di Nagari Sikucur Barat terdapat 2.072 pemegang hak memilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) dalam pilwana bulan April nanti. Mereka akan memberikan hak pilih pada 8 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada 7 korong. Masing-masing korong berkisar 300 pemilih.

"Pemilihan walinagari serentak di Padang Pariaman dilaksanakan 74 nagari, 40 di antaranya nagari pemekaran, termasuk Nagari Sukucur Barat," papar Azwar.

Ia mengimbau masyarakat setempat untuk datang pada tanggal 4 April 2018 untuk memilih calon walinagari Sikucur Barat sebagai pemimpin nagari ke depan, sesuai hati dan kemauan pribadi yang akan dipilih.

Sementara itu, Bakal Calon Walinagari Sikucur Barat, Syamsul Bahri  mengatakan, ia mengusung visi dan misi perubahan yang kental dengan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah dan penuh energi terbarukan. Tidak tanggung-tanggung, “Bagimu Nagari"

“Saya lihat banyak sekali yang bisa dilakukan oleh pemuda, tokoh masyarakat, niniak mamak,tigo tali sapilin dan tigo tungku sajarangan di Sikucur Barat, membangun bersama elemen yang ada, tentu akan menunjang suksesnya suatu pemerintahan masa depan," katanya.

Ia juga memandang generasi muda dapat membangun nagari apabila diberdayakan dan didukung oleh semua warga, termasuk perantau.

“Selama ini pemuda kita kurang diberdayakan, padahal generasi muda mampu membangun nagari jika diberdayakan dan didukung oleh masyarakat, baik masyarakat ranah maupun perantau,” kata dia.

Untuk mewujudkan mimpi kepada nagari agar lebih baik dan berkembang jika terpilih ia mengaku akan memberikan dedikasi terbaiknya dan akan menggandeng semua elemen yang ada.

“Jika amanah diberikan ke saya, Insya Allah semua elemen nanti akan kita libatkan membangun Sikucur Barat seperti ninik mamak, bundo kanduang, pemuda dan perantau,” pungkas Syamsul saat menyerahkan berkas pendaftaran. (Ikh / ZT) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.