Header Ads

jasa

Innalillahi Wainnaillahirajiun ,Masjid Baiturrahmah Ambruk



Kondisi masjid Baiturrahman yang ambruk, terletak di kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, 
Payakumbuh,canangnews-----Innalillahi Wainnailahi Rojiun ,Masjid Baiturrahmah  Payabasung  kecamatan Payakumbuh Timur ambruk, suara tersebut  terdengar  Baru saja selesai mandi di pemandian belakang masjid Baiturrahman, Seorang warga payabasuang bernama Sukardi mengatakan bahwa mendengar teriakan sekitar pukul 17.15 WIB Sabtu, (27/1) sebelum Masjid ambruk.
Dijelaskan Sukardi, tidak berselang lama setelah mendengar suara teriakan entah dari siapa, seketika itu pula terdengar suara dentuman keras di iringi kubah utama masjid Baiturrahman,  ambruk.
"Saya mendengar suara teriakan, selang beberapa waktu setelah teriakan itu, mesjid pun ambruk. Suara teriakan dari arah pekuburan yang berada di samping Masjid Baiturrahmah, sampai ketelinga saya seolah memberi peringatan " ujar Sukardi.
Sukardi merupakan warga warga payabasuang yang memiliki rumah tinggal dilingkungan masjid mengaku melihat langsung kejadian ambruknya masjid nan indah tersebut.
"Seperti suara mobil dum truk membongkar benda keras, entah apa yang akan disebut melihat ambruknya masjid," jelas Sukardi, Sabtu (27/1)
Dirasakan Sukardi terpaku diam tak mampu berbuat apa-apa menyaksikan kubah utama bergerak dan berderak turun disertai kabut putih dari reruntuhan dinding masjid. "Terpaku melihat kejadian itu semua, tak tampak apapun ketika kabut reruntuhan bangunan mengepul," kata Sukardi.
Hal yang sama juga dirasakan Hendrinaldi, yang berprofesi sebagai penyuluh agama di KUA Kecamatan Payakumbuh Timur. Ia mengaku panik melihat dan mendengar suara deru runtuhan bangunan masjid yang seketika ditutupi oleh kabut tebal.
"Saya mendengar suara tukang memanggil berteriak kencang. Seketika itu pula kubah utama ambruk,"kata Hendrinaldi.
Menurut Hendrinaldi, dirinya berada dalam lokal MDA masjid baiturrahman sedang mengajar anak-anak mengaji. Kemudian dari arah masjid terdengar suara tukang memanggil namanya setengah berteriak. Ketika didekati tukang sudah berada di luar pintu masjid. Lalu tiba tiba terdengar bunyi gemuruh sebanyak tiga kali dari arah atap masjid, seketika kubah dan bangunan masjid roboh.
Tidak ada korban jiwa. Karna memang masjid dalam keadaan kosong usai sholat Ashar. Hanya ada tukang bekerja yang sedang merenovasi beberapa bagian masjid, "katanya.

Pria yang akrab disapa Ust. Endi merupakan orang pertama yang mendokumentasikan keadaan bangunan pasca roboh dan menyampaikannya melalui media sosial,sehingga kejadian robohnya Masjid Baiturrahman pada (27/1) itu viral, dan diketahui masyarakat ranah dan rantau.(mk/ad)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.