Header Ads

jasa

Berita dari Tanah Suci: Jamaah Haji Asal Padang Pariaman Peringati Hari Kemerdekaan RI

Laporan Afrinaldi Yunas SpdI dari Tanah Suci Makkah Al-Mukarramah 

Sekdakab Padang Pariaman Jonpriadi dan Staf Ahli Bupati Taslim memegang bendera berjalan menuju Masjidil Haram

Makkah Al-Mukarramah, CanangNews - Sabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menjadi pengingat bagi Jamaah Haji Kloter 15 Embarkasi Padang, bahwa puncak haji adalah nanti saat wukuf di Padang Arafah. , maka jamaah mesti mempersiapkan diri untuk mencapai puncak itu dengan kondisi prima.

Jamaah asal Kabupaten Padang Pariaman masih istitha'ah

Mengingat cuaca yang sangat berbeda dengan tanah air di mana suhu Senin (21/8/2017) merangkak mencapai 42°C, jarak penginapan jamaah dengan Masjidil Haram berkisar 3 km dan telah berkumpulnya seluruh jamaah calon haji di Mekah, maka petugas haji menyarankan kepada jamaah untuk menjaga kesehatan dan berhati-hati saat beribadah ke Masjidil Haram.

Seperti pagi ini waktu Arab Saudi, jamaah lebih banyak shalat subuh di masjid hotel ketimbang berangkat ke Masjidil Haram.  Seusai shalat, disampaikan beberapa info terkait persiapan wukuf di Padang Arafah.

Dilaporkan, jamaah asal Kabupaten Padang Pariaman hingga saat ini masih istitha'ah (mampu) untuk menyelesaikan seluruh urutan kegiatan haji, meski ada beberapa yang lanjut usia dan mendapatkan perawatan serta perhatian khusus dari Tim Kesehatan.

Jumat 18 Agustus 2017 

Alhamdulillah, hari ini seusai taushiah, zikir dan doa untuk bangsa, kegiatan jamaah calon haji kloter 15 embarkasi Padang adalah melaksanakan umrah sunnah.

Pada pukul 08.15 WAS – Dari 392 total jamaah Kloter 15, sebanyak 88 orang, berangkat dari hotel menuju Miqat (Tan'im) menggunakan mobil sewaan yang didampingi oleh petugas haji untuk melaksanakan ihram (niat umrah), 12 orang di antaranya menggunakan kursi roda dikarenakan kondisi fisik yang terbatas.

Sekdakab Jonpriadi (kedua dari kanan) bersama jamaah haji asal Padang Pariaman 

Setiba di Tan'im, jamaah melakukan shalat sunnah 2 rakaat dan mulai berniat ihram. Selama perjalanan menuju masjidil haram, gema talbiyah berkumandang, serasa hamba dan Tuhan amatlah dekat.

Di Baitullah, mereka melakukan thawaf dan sai diakhiri dengan memotong rambut (tahalul).

Selesai mengerjakan serangkaian ibadah umrah, jamaah kembali menuju hotel untuk beristirahat. Esok kegiatan jamaah calon haji adalah ibadah mandiri ke baitullah.

Doa untuk Negeri dari Tanah Suci

Makkah,17 Agustus 2017 – Jika  di Indonesia seluruh daerah memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72 dengan kegiatan upacara bendera, Jamaah Calon Haji Kloter 15 Embarkasi Padang yang sedang berada Di Tanah Suci juga memperingatinya tetapi dengan mengadakan taushiah, zikir dan doa.

Sekdakab Jonpriadi menyampaikan kata sambutan Peringatan Hari Kemerdekaan 

Tema kegiatan yang diangkat oleh panitia adalah "Doa untuk Negeri dari Tanah Suci" dilaksanakan di Hotel Asfar Plaza, sektor 7, berjarak sekitar 3,5 km dari Masjidil Haram.

Diawali dengan arahan dan amanat dari Sekdakab Padang Pariaman Jonpriadi, kegiatan dimulai lebih awal dari jadwal yang direncanakan, yaitu 05.37 waktu setempat.

Pada kesempatan tersebut Jonpriadi berpesan agar jamaah ikut serta menjaga kebersamaan dalam membangun bangsa, negara, dan daerah melalui doa dari tanah suci.

"Saat di tempat mustajab agar jamaah ikut mendoakan negara dan daerah asal mereka," pinta Jonpriadi.

Selanjutnya, jemaah mendengarkan taushiyah yang disampaikan Tuanku Baharudin. Dia mengingatkan bahwa di antara asbab kita bisa sampai di tanah suci adalah karena negara kita aman dan telah merdeka. Kemerdekaan yang diupayakan oleh segenap pahlawan bangsa.


Akhir kegiatan, doa dipanjatkan dengan khusyu' oleh seluruh jamaah calon haji untuk negara, daerah dan keluarga. Berharap ini menjadi bagian kecil yang diberikan oleh jamaah calon haji untuk negara dan bangsa RI. (Kita tunggu laporan selanjutnya – ZT / red) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.