Berita dari Tanah Suci (6): Rangkaian Kegiatan Puncak Haji Jamaah Asal Padang Pariaman

0
لبيك اللهم لبيك لبيك لا شريك لك لبيك إن الحمد والنعمة لك والملك لا شريك لك

Aku penuhi panggilanMu, Ya Allah, Aku penuhi panggilanMu. Aku penuhi panggilanMu, tiada sekutu bagiMu, Aku penuhi panggilanMu, sesunggunya segala puji, nikmat dan kekuasaan adalah milikMu, tiada sekutu bagiMu 

Tawaf mengelilingi Ka’bah

Saudi Arabia, CanangNews – Puncak pelaksanaan ibadah haji hanya berbilang hari. Dimulai dari hari Rabu 8 Zulhijjah 1438 H / 30 Agustus 2017 M yang akan datang. Berikut serangkaian kegiatan yang akan dilalui oleh jamaah haji di tanah suci.

Rabu 8 Zulhijjah
1. Setelah dhuha, jamaah berniat ihram dari tempat tinggal masing-masing.

2. Sebelumnya, jamaah mandi, bersih-bersih (memotong kuku, kumis, mencabut bulu ketiak dll), memakai wewangian, dan melepas pakaian yang berjahit, seperti yang dilakukan saat  ihram sebelumnya.

3. Berniat dalam hati dengan berujar: Labbayka Allahumma Hajjan (Aku penuhi panggilanMu ya Allah untuk berhaji). Kemudian bertalbiyah.

4. Sebelum tergilincir matahari, jamaah bertolak menuju Mina untuk mabit.

5. Setelah tiba di Mina, jamaah shalat Zuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Masing-masing dikerjakan pada waktunya tanpa di jama'. Hanya men qashar yang jumlahnya 4 rakaat.

Istirahat setelah melakukan tahalul 

Khusus untuk jamaah asal Indonesia, Amir Hajj menetapkan jamaah langsung menuju Arafah. Hal ini mempertimbangkan kepada kondisi mayoritas jamaah yang sudah 'sepuh' dan cuaca yang semakin panas.

Kamis 9 Zulhijjah
1. Shalat Subuh berjamaah. 

2. Setelah terbit matahari, jamaah bertolak menuju Arafah sambil bertalbiyah dan bertakbir.

3. Sampai di Namirah, shalat Dzuhur dan Ashar dijama' dan qashar.

4. Setelah tergelincir matahari, masuk waktu Dzuhur, imam berkhutbah menjelaskan tentang syariat haji yang dilakukan, memberi nasehat serta mengingatkan hukum Islam, kemudian shalat Dzuhur dan Ashar jama' taqdim dengan satu adzan dan dua iqamat tanpa shalat sunnah (sebelum, antara keduanya dan sesudahnya).

5. Dari tergelincir hingga tenggelam matahari, jamaah memanfaatkan kesempatan yang agung ini dengan bertalbiyah, berzikir, istighfar bertaubat, berdoa mengangkat kedua tangan menghadap kiblat, memohon kebaikan di dunia dan akhirat.

6. Jamaah memastikan benar-benar berada di kawasan Arafah. Tidak mendaki bukit yang keluar dari batas Arafah.

7. Jamaah agar berhati-hati untuk tidak bersenda-gurau, berbicara yang tidak perlu, sehingga menghabiskan waktu tanpa manfaat.

8. Setelah matahari benar-benar terbenam, jamaah bertolak ke Muzdalifah.

9. Sesampai di Muzdalifah, segera shalat magrib dan isya jama' qashar. 

10. Jamaah mabit (bermalam) di Muzdalifah. Maka disarankan agar tidur lebih awal biar esok dapat melaksanakan manasik haji dengan sempurna.

Batas Arafah 

Jumat 10 Zulhijjah
1. Shalat Subuh. 

2. Setelah shalat Subuh, jamaah berdiam di bukit atau di mana saja di area Muzdalifah menghadap kiblat seraya berdzikir dan berdoa dengan mengangkat kedua tangan hingga langit telah menguning.

3. Setelah langit menguning, sebelum matahari terbit, jamaah bertolak menuju Mina sambil bertalbiyah, sebelumnya mengambil 7 batu untuk  melontar jumrah.

4. Sesampai di Mina, setelah dhuha, jamaah menuju Jumrah Aqabah dan berhenti bertalbiyah, posisi Mina sebelah kanan dan Ka'bah di sebelah kiri, jumrah aqabah di depan. Lalu melempar tujuh batu secara bertahap sambil bertakbir setiap lemparan.

5. Setelah melempar, jamaah haji tamattu' menyembelih hadyu.

6. Kemudian jamaah mencukur (gundul/pendek) rambut. Digunduli lebih afdhal bagi laki-laki. Ini berarti selesai tahalul pertama, artinya telah dibolehkan segala yang haram bagi muhrim kecuali perempuan.

7. Selanjutnya jamaah bertolak menuju Makkah untuk tawaf ifadhah / ziyarah. Pelaksanaannya sama dengan tawaf umrah tetapi tidak ada raml (lari kecil) dan idhtibath (bahu kanan terbuka).

8. Selesai tawaf, shalat di belakang Maqam Ibrahim, minum air zam zam, kemudian menuju Mas'a (tempat sa'i) untuk bersa’i.

9. Setelah selesai sa’i berarti jamaah telah menyelesaikan ritual haji dan melewati tahalul kedua sehingga telah halal semua larangan ihram.

Di Muzdalifah, jamaah haji Kloter 15 Embarkasi Padang tak perlu lagi mencari batu untuk melempar. Sebab, maktab telah menyiapkan batu yang akan dilempar sebanyak 70 batu. 
 Armada bus sarana transportasi jamaah haji 

11-12 Zulhijjah (Nafr Awal)
1. Selama dua hari jamaah mabit di Mina. 

2. Setelah tergelincir matahari, jamaah menuju Jumrah Ula (dekat dengan Masjid Khayf) untuk melempar tujuh batu secara bertahap sambil mengangkat tangan dan bertakbir setiap lemparan serta memastikan batunya masuk ke dalam lubangnya.

3. Selesai melempar, jamaah maju mencari tempat yang tidak ramai, terus menghadap kiblat, mengangkat tangan lama-lama, lalu berdoa apapun kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah.

4. Selesai berdoa, menuju Jumrah Wustha untuk melempar tujuh batu berikutnya secara bertahap sambil mengangkat tangan dan bertakbir setiap lemparan serta memastikan batunya masuk ke dalam lubangnya.

5. Selesai melempar, jamaah maju mencari tempat yang tidak ramai, terus menghadap kiblat, mengangkat tangan lama-lama, lalu berdoa apapun kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah.

6. Selesai berdoa, menuju Jumrah Aqabah untuk melempar tujuh batu berikutnya secara bertahap sambil mengangkat tangan dan bertakbir setiap lemparan serta memastikan batunya masuk ke dalam lubangnya.

7. Selesai melempar Jumrah Aqabah, jamaah tidak berdoa. Kemudian kembali ke tenda.

8. Sebelum matahari terbenam, jamaah kembali ke Makkah.

13 Zulhijjah (Nafr Tsani)
1. Jamaah melakukan seperti yang dilakukan pada nafr awal. 

Alangkah bahagia jika menunaikan ibadah haji bersama keluarga


Begitu padatnya kegiatan jamaah haji, maka menuntut fisik yang prima. Semoga Allah berkenan memberikan kekuatan dan kesehatan kepada seluruh jamaah hingga dapat menuntaskan seluruh rangkaian ibadah haji dan dapat memperoleh predikat haji yang mabrur. (Laporan Afrinaldi Yunas, TPHD Padang Pariaman)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top