Header Ads

jasa

Bentuk Tim Monev, Pemkab Padang Pariaman Serius Bina UKS

Sekdakab Jonpriadi berfoto bersama anggota Tim Monev UKS 

PARITMALINTANG, CanangNews – Kabupaten Padang Pariaman telah membentuk tim monitoring dan evaluasi usaha kesehatan sekolah (Monev UKS). Tim ini dibentuk dengan SK Bupati Padang Pariaman nomor : 02/BPP-sekretariat/2017. 

Tim yang dibentuk bertugas membina dan meningkatkan kualitas sekolah sehat, melakukan penilaian ke sekolah-sekolah, menentukan juara UKS untuk tingkat kabupaten Padang Pariaman dan selanjutnya menentukan sekolah tersebut sebagai perwakilan dalam lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Padang Pariaman Jonpriadi selaku ketua tim mengatakan, pihaknya akan menganggarkan dana pada anggaran perubahan 2017 untuk sekretariat UKS. 

"Kita serius membina dan meningkatkan peran UKS. Pada tahun 2017 ini akan kita anggarkan pada anggaran perubahan untuk kantor / sekretariat UKS. Ini dirasa perlu agar anggota tim dapat berkumpul dan beraktivitas pada satu tempat. Di samping itu sekretariat menjadi item penilaian dengan bobot 30 persen," ujarnya, Rabu (22/3/2017).

Tahun 2015 Padang Pariaman masuk 5 besar penilaian sekolah sehat tingkat propinsi. Namun, peringkat ini merosot pada 2016 sehingga hal ini memicu semangat pemkab untuk berbenah dan bertekad kembali masuk peringkat 5 besar.

Jonpriadi menambahkan, bahwa kesehatan lingkungan sekolah harus mendapat perhatian dari guru, murid dan seluruh masyarakat yang bermukim di sekitar area sekolah. Pihaknya berharap kebersihan lingkungan sekolah di Padang Pariaman semakin hari semakin baik.

"Kita melakukan pendekatan dengan semua stakeholders sehingga semangat untuk menjaga lingkungan sekolah tidak hanya dari warga sekolah akan tetapi juga muncul kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan".

Sementara itu, Kabag Kesra Irsyaf Bujang yang bertindak sebagai ketua pelaksana meminta masing-masing​ OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang terlibat pada kegiatan UKS untuk dapat memaksimalkan peran dan tugasnya masing-masing sebagaimana yang telah disepakati. 

Irsyaf menambahkan, UKS sangat menentukan karakter anak didik dalam mencintai lingkungan seperti memelihara lingkungan dari sampah.

"Melalui kegiatan UKS ini nantinya akan menumbuhkan budaya cinta lingkungan bagi peserta didik. Sehingga akan tercipta lingkungan sekolah yang asri dan sehat, ujar Mantan Camat Enam Lingkung itu".

Ke depannya tim monev ini akan turun ke sekolah-sekolah yang telah ditunjuk untuk melakukan pembinaan. Mengenai jadwal ke lapangan nantinya akan ditentukan oleh sekretariat tim yakni Bagian Kesra Setdakab Padang Pariaman di bawah koordinasi Weni Evalina selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan. (r/h)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.