Header Ads

jasa

Alumni Sosiologi Unand Adakan Mubes

Padang Canangnews---Suasana dan dinamika kampus memberikan kesan dan kenangan tersendiri bagi setiap alumni, tidak terkecuali alumni sosiologi FISIP Universitas Andalas. Kemegahan kampus Unand menjadi salah satu daya tarik tamatan SMA di Sumatera Barat khususnya dan Indonesia umumnya untuk menjatuhkan pilihannya berkuliah di Universitas Andalas, kampus termegah dan tertua di pulau Sumatera ini. Tidak semua lulusan SMA beruntung bisa menduduki bangku perkuliahan di Unand.

Untuk menapaktilasi kenangan dan perjuangan berkuliah di Unand, alumni sosiologi Unand yang sudah tersebar di berbagai daerah dan berkiprah di berbagai profesi berketetapan secara bersama-sama untuk mengadakan Musyawarah Besar (MUBES) perdananya di Almamaternya sendiri sekaligus menjadi ajang pertemuan dan silaturahmi alumni sosiologi Unand lintas angkatan dengan dosen.

“Mubes I Alumni Sosiologi pada tanggal 14 Februari 2017 ini ditempatkan di kampus Universitas Andalas dengan alasan malapehan taragak mancaliak kampus yang termegah ini. Sekaligus menjadi momentum pertemuan dan silaturahmi alumni Sosiologi Unand dengan  dosen di almaternya sendiri.,”ujar Rahmat Tk Sulaiman, ketua Panitia Mubes didampingi Yushendra di sela-sela persiapan.

Selanjutnya Rahmat menuturkan bahwa gencarnya sosialisasi pelaksanaan Mubes IKA Sosiologi Unand ini, menarik simpati dan dukungan dari alumni untuk menyukseskannya.

Meskipun awalnya ada nada pesimis dan skeptis yang mewarnai dan membumbui persiapan event akbar alumni sosiologi ini, namun atas keseriusan panitia dengan bermodalkan kepercayaan dan keihlasan, serta terus membangun komunikasi dengan senior dan dosen, perhelatan akbar siap untuk dilaksanakan tepat pada waktunya.

“Dukungan dari para alumni terus mengalir kepada panitia baik dalam bentuk moril dengan mendoakan untuk kesuksesan acara maupun dalam bentuk materil seperti sumbangan dana, karangan bunga, spanduk bahkan minuman untuk kesuksesan dan kelancaran acara Mubes ini” ungkap pria yang juga Ketua PW GP Ansor Sumbar ini .

“Kami terharu, dengan terus mengalirnya dukungan alumni dari berbagai angkatan untuk kesuksesan Mubes pertama ini. Semoga Mubes pertama ini menjadi momentum kebangkitan solidaritas dan konsolidasi potensi alumni untuk kedjayaan bangsa” tambah pria yang masih kuliah di S.3 ini.

Ketika disinggung soal nama yang akan diusung menjadi calon ketua IKA Sosiologi Unand, Rahmat mengelak menyebutkan dan menyerahkan sepenuh kepada peserta Mubes, karena peserta Mubes yang mempunyai wewenang penuh untuk menentukan siapa yang akan dijadikan ketua.

Sehubungan dengan tanggal pelaksanaan Mubes pada tanggal 14, ada sebanyak 14 bakal calon ketua yang disebut-sebut layak dan pantas memimpin IKA Sosiologi Unand yaitu Jamalul Ihsan, Nuwirman, Khairul Ikhwan, Syahirul Alim, Eka Vidya Putra, Feri Handra, Gope Revdi Iwan Saputra, Irdam Huri, Dian Anggraini, Rahmat Tk Sulaiman, Ronny, Fince Herry, Hendri Matias dan Muthia Tri Darma.

Bahkan ada tim sukses bakal calon ketua yang sudah merilis visinya melalui group IKA Sosiologi yaitu “ Menuju masyarakat paham sosiologi sebagai salah satu alat untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa’ dengan Misi antara lain, 1. Mendata, merangkul dan menyatukan seluruh potensi alumni di seluruh penjuru Indonesia, 2. Membentuk kepengurusan cabang alumni tiap regional/ wilayah, 3. Membuat media online alumni sebagai wadah bagi pemikiran alumni dalam bentuk tulisan agar terpublikasi ke khalayak luas. 4. Menerbitkan buku kumpulan artikel/makalah/hasil penelitian alumni dan disebarluaskan kepada stakeholder terkait, 5.

Memberi bimbingan dan bantuan beasiswa bagi mahasiswa Sosiologi yg kurang mampu namun berkemauan kuat untuk menyelesaikan studinya, dengan menggali sumber anggaran dari potensi alumni dan sumber sumber lain yang sah dan tidak mengikat, 6. Mendorong alumni untuk menjadi "chanel" bagi lulusan Sosiologi Unand yg berprestasi untuk memperoleh pekerjaan. 7. Membentuk koperasi online alumni dg visi "tampek mangadu jikok tasasak".

Selanjutnya Rahmat memprediksi bahwa menjelang hari “H” dimungkinkan bakal calon ketua IKA Sosiologi akan mengerucut, bahkan tidak tertutup kemungkinan terjadinya pemilihan ketua secara aklamasi.

Di tempat terpisah, Ketua Jurusan Sosiologi FISIP Unand Dr. Jendrius, M.Si menitipkan harapan agar Mubes pertama IKA Sosiologi Unand ini bisa berjalan dengan aman, tertib, lancar dan demokratis serta bisa melahirkan keputusan yang terbaik buat alumni dan juga buat jurusan.

“Kami dari pihak Jurusan menyambut baik semua keputusan Mubes dan kami siap bergandengan tangan dan bekerja sama dengan ketua alumni terpilih, siapapun itu” urainya dengan semangat.(***)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.