TRANSPARANSI PAD, KOPERINDAG TANAH DATAR LOUNCHING e-RETRIBUSI PASAR



Batusangkar, CanangNews- Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag)  Tanah Datar, bekerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat untuk mempermudah pemungutan retribusi pasar menggunakan sistem eletronik yang dinamakan e-Retribusi. Pemungutan retribusi pasar menggunakan sistem e-Retribusi salah satu tujuan untuk terwujudnya efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan daerah terutama untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Untuk  terwujudnya efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan daerah terutama untuk peningkatan PAD, Pemerintah Daerah Tanah Datar bekerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat untuk mempermudah pemungutan retribusi pasar menggunakan sistem eletronik yang dinamakan e-Retribusi," ungkap Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar, Darfizal, saat Louching e-Retribusi di Pasar Batusangkar, Kamis (4/2).

Darfizal tambahkan, sebelum melakukan lounching E-Retribusi Pasar, Dinas Koperindag Tanah Datar telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat tentang Pengembangan Digitalisasi Ekonomi Daerah pada tanggal 26 Januari 2021 lalu di Padang.

"Sebelumnya untuk memungut retribusi pasar menggunakan karcis sebagai alat bukti pembayaran, namun pada saat ini kita di tuntut bekerja lebih cepat dan transparan, itupun kita sering terkendala keterlambatan penyetoran PAD dan kalau menggunakan e-Retribusi tentu jauh lebih cepat dalam penyampaian laporan karena langsung terhubung ke kas Daerah," ujarnya.

Dafrizal harapkan, melalui digitalisasi dapat mendorong perbaikan pelayanan publik dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Pimpinan Bank Nagari cabang Batusangkar, Oktra Firdaus sampaikan, pihak kami sangat mendukung penuh upaya pemerintah daerah dalam digitalisasi percepatan peningkatan PAD.

"PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat mendukung penuh upaya pemerintah daerah dalam digitalisasi percepatan peningkatan PAD salah satunya telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan pemerintah daerah melalui beberapa Dinas dan Badan," ungkapnya.

Oktra Firdaus merinci,  Dinas Koperindag tentang pemanfaatan e-Restribusi pasar Batusangkar, Dinas Parpora tentang digitalisasi sistem pembayaran keuangan pada objek wisata Istano Basa Pagaruyung, Dinas Pertanian tentang  pemanfaatan e-Restribusi pasar ternak dan Badan Keuangan Daerah tentang aplikasi data transaksi usaha wajib pajak.

Salah seorang pedangan pasar Batusangkar, Meri sampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah melakukan pembayaran retribusi secara online dan itu tercatat langsung pada pembukuan pembayaran di kas daerah, juga meningkatkan kepercayaan pedagang kepada petugas.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bagian Perekonomian Setda Tanah Datar Masni Yuletri, Kasat Pol PP Tanah Datar diwakili Kabid Trantibum Syaiful, Kepala UPT Pasar Batusangkar Syafril dan petugas penagihan retribusi. (erie)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama