Potensi Kebakaran Saat Kemarau, Kurniawan Syahputra : Tingkatkan Kewaspadaan


 

Agam,-Pemerintah Kabupaten Agam mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, dalam menyikapi musim kemarau saat ini berpotensi terjadinya musibah kebakaran.

"Musim kemarau terjadi sejak awal Februari 2021 hingga saat kini, sehingga perlu diwaspadai untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran," ungkap Kepala Dinas Satpol PP-Damkar Agam, Kurniawan Syahputra, Kamis (18/2)

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan api dan tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan, karena dalam kondisi saat ini akan mudah terjadinya kebakaran.

Begitu juga dengan pembukaan lahan, agar dapat menghindari pola pembakaran, karena potensi kebakaran lahan dan hutan sangat besar pada musim kemarau.

“Contohnya saja di Durian Kapeh, kebakaran lahan terjadi sejak beberapa hari lalu dan sampai saat ini belum bisa diatasi, sehingga menimbulkan kerugian kepada pemilik,” ujarnya.

Sehingga ini diharapkannya tidak terjadi lagi dan masyarakat diminta lebih berhati-hati dalam beraktivitas yang berhubungan dengan api.

Tidak hanya itu, Kurniawan Syah Putra juga imbau masyarakat agar memastikan api kompor atau tungku dalam keadaan mati, jika mau bepergian atau tidur.

“Termasuk letak racun nyamuk bakar, pastikan jauh dari kain atau benda yang mudah terbakar,” tukasnya.

Selain itu, ia minta masyarakat untuk memeriksa instalasi listrik secara berkala, karena instalasi listrik tidak memadai penyebab utama kebakaran yang ditemui di lapangan selama ini. (CN/Pen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama