Pemkab Padang Pariaman Nyatakan Kesiapan Mendukung TMMD ke-110 di Salibutan

0

Padang, CanangNews - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Padang Pariaman Jonpriadi SE MM menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Tahun 2021 di Aula Kantor Gubernur Sumatra Barat, Selasa(2/2/2021).

Dalam paparannya Jonpriadi mengatakan, TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral, baik di pusat maupun di daerah sekaligus merupakan wujud kepedulian TNI untuk kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan sehingga tercipta dan terbina kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka ketahanan nasional. 

"Pemilihan sasaran TMMD ke-110 Tahun Anggaran 2021  di Wilayah Teritorial Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman dilaksanakan dengan mekanisme terpadu dan  terkoordinir, mulai  dari tingkat nagari dan diajukan ke kecamatan. Sasaran yang dipilih dan diteliti dipadukan dengan rencana program pembagunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman serta dikoordinasikan dalam rapat rencana pembangunan daerah," ujar Jonpriadi.

Kegiatan TMMD ini, ulasnya, dilrencanakan di Korong Lipek Pageh dan Korong Gamaran, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuak Aluang. Pemilihan lokasi ini berdasarkan pertimbangan untuk membangun jalan penghubung antara Korong Lipek Pageh dengan Korong Gamaran yang saat ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Bila menggunakan kendaraan harus memutar dengan menempuh jarak yang cukup jauh. 

Pertimbangan lain, potensi wilayah ini sebagai sektor ketahanan pangan yang tinggi namun distribusi dan  pemasaran rendah. Oleh karena itu, Walinagari Salibutan dengan surat nomor 023/Wn-Slt-La/Iii-2020 tanggal 30 Maret 2020 mengajukan permohonan TMMD, serta saran dari Babinsa Nagari Salibutan menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat.

“Manfaat dari pelaksanaan TMMD ini untuk kesejahteraan masyarakat guna meningkatkan mobilitas dan sarana transportasi, meningkatkan kualitas hidup dan  perekonomian, melancarkan proses birokrasi dan pelayanan yang dilaksanakan oleh unsur pemerintahan dan memudahkan akses masyarakat pada fasilitas pendidikan, kesehatan dan lainnya,” kata Jonpriadi lagi.

Sedangkan dari segi ketahanan negara  untuk memelihara dan  meningkatkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, juga untuk membantu percepatan pembangunan serta  meningkatkan kondisi ketahanan rakyat yang tangguh yang merupakan sinergi antara kodim dengan pemerintah daerah.

“Pemkab Padang Pariaman mendukung penuh pelaksanaan TMMD ke-110 ini dengan telah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan,  karena ini akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman," katanya mengakhiri. (R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top