Kepala Bapelitbangda Ir H Ali Amran MP: Bupati Baru RPJMD Baru

0

 

Parikmalintang, CanangNews - Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Kabupaten Padang Pariaman mengadakan talkshow bersama Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Ir J Ali Amran.MP, dengan mengusung tema "Bupati baru RPJMD Baru" di Ruang Media Centre Kantor Bupati - Parikmalintang, Kamis (25/2/2021).


Menurut Ali Amran, RPJMD merupakan singkatan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang diatur melalui UUD no.25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan dan Pembangunan Nasional. RPJMD dirancang oleh Bapelitbangda sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih untuk periode 2021 - 2026.


Ia menjelaskan, RPJMD disusun berdasarkan kajian dari kondisi umum daerah, permasalahan dan isu strategis serta kondisi keuangan daerah.


"Kita membentuk Tim Penyusunan RPJMD dengan melibatkan akademisi, organisasi perangkat daerah (OPD) serta pihak ketiga yakni konsultan. Dalam hal ini, kita akan memasukkan usulan masyarakat ke dalam RPJMD, dan bersinergi dengan seluruh OPD. Hal itu akan menjadi kunci kesukseskan RPJMD kita," ujarnya.


Ali Amran menambahkan RPJMD disusun harus selaras dengan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD)  yang disusun setiap 20 tahun. Visi RPJPD Kabupaten Padang Pariaman 2005 - 2025 adalah Padang Pariaman Maju dalam Sektor Agribisnis dan Perdagangan.


"Kita telah berkordinasi dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, untuk rancangan RPJMD mendatang, kita akan memperioritaskan komoditi unggulan yakni, coklat, kelapa dan jagung yang telah menjadi  unggulan, dan juga salah satu program yang akan dicanangkan adalah meningkatkan kehidupan beragama dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia" kata Ali Amran. (R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top