Kota Pariaman - Kota Pariaman, menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi peningkatan Profesionalitas Pemadam Kebakaran dalam masa Pandemi Covid-19 yang di ikuti oleh Dinas Damkar dan Kantor Damkar se-Provinsi Sumatera Barat.

Rakor dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis (16-17/12/2020) di ruang rapat Walikota Pariaman, yang dibuka langsung Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Kepala Satuan Pol-PP dan Damkar Provinsi Sumatera Barat, Dedy Diantolani dan Kepala Dinas Satuan Pol-PP dan Damkar Kota Pariaman, Elfis Chandra.

Walikota Pariaman, Genius Umar, ucapkan terimakasih kepada Praja Damkar Provinsi Sumatera Barat atas terpilihnya Kota Pariaman sebagai tuan rumah pelaksanaan rakor tingkat Provinsi Sumbar ini.

Genius mengapresiasi keberadaan tim Pemadam Kebakaran yang dikelola oleh Provinsi Sumbar dan daerah-daerah yang ada di Sumbar, karena apa yang dilakukan tersebut adalah tugas hakiki dari pemerintahan.

“ Kita memberikan pelayanan, memberikan keamanan kepada masyarakat, perlindungan kepada masyarakat tentang bagaimana masyarakat merasa terbantu, terlindungi dari bahaya musibah kebakaran dan ancaman musibah lainnya yang bisa terbantukan oleh petugas pemadam kebakaran,” ujar Genius.

Tak ayal, kata Genius, karena di garda terdepan dalam bertugas, membuat sebahagian petugas damkar sering juga terkena kecelakaan kerja dari upaya perlindungan yang dilakukan, namun Genius tetap himbau kepada seluruh petugas pemadam kebakaran untuk selalu bekerja secara profesional, tangguh dan bertanggung jawab atas tugas mulia tersebut dalam membantu masyarakat yang mendapat musibah khsususnya kebakaran.

“ Ayo kita persiapkan secara dini langkah-langkah perspektif dengan selalu memberi sosialisasi kepada masyarakat, pelajar dan mahasiswa, tentang langkah pertolongan pertama jika mengetahui terjadinya musibah kebakaran di lingkungan sekitar sebelum tim pemadam kebakaran datang di lokasi kebakaran,” imbuh Genius.

Sementara itu, Kepala Satuan Pol-PP dan Damkar Provinsi Sumatera Barat, Dedy Diantolani mengungkapkan, Rakor ini merupakan sarana untuk mendorong semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur Damkar dalam melindungi masyarakat.

“ Sekaligus bentuk kebulatan tekad untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat, serta menjalin silaturrahmi antar sesame satuan damkar dalam daerah Provinsi Sumatera Barat,” singkatnya mengakhiri. (kiki)