Pjs. Wako Solok Asben Hendri saat serahkan perangkat pelatihan pada peserta


KOTA SOLOK - Pemerintah Daerah Kota Solok menggelar Bimbingan Tekhnis Manajemen Kepariwisataan, Senin (9/11) di Taufina Hotel Solok. Bimbingan tekhnis ini meliputi pelatihan mamajemen home stay, pondok wisata, dan rumah wisata, serta agro wisata.

Pjs. Walikota Solok Asben Hendri mengatakan kepariwisataan merupakan bagian paling mendukung dan berpengaruh pada pembangunan nasional, termasuk didalamnya kepariwisataan Kota Solok.

"Kota Solok juga tidak kalah pentingnya dari daerah lainya di Sumbar. Kota Solok memiliki wisata alam berupa Pulau Belibis, Sarasah Aia Batimpo, Laing Park, SWP, dan puncak klasik," ujarnya.

Dikatakan Asben Hendri, kepariwisataan agar berkembang harus dilakukan secara berkelanjutan, sistematis, bertanggungjawab, dengan tetap menjaga nilai agama, budaya, dan kelestarian lingkungan hidup serta kepentingan nasional.

"Pengembangan kepariwisataan harus menjaga kearifan lokal, budaya, dan lingkungan sehingga nilai natural sebuah objek wisata tetap terjaga," katanya.

Selain itu, Kota Solok juga memiliki kawasan agro wisata seperti Sawah Solok, agro wisata Payo, dan wisata klasik berupa pertunjukan kesenian dan kerajinan.(kar)