Agam,-Pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Agam bertambah sebanyak 8 orang, Minggu (15/11). Total pasien sembuh Covid-19 di daerah setempat sebanyak 1.008 orang dengan persentase 81,95 persen.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Agam, Drs. Martias Wanto Dt. Maruhun mengatakan 8 pasien sudah dinyatakan negatif Covid-19 setelah melewati masa perawatan dan menjalani uji swab sebanyak dua kali.

“Hasil uji swab sebanyak 8 pasien sudah dinyatakan negatif Covid-19, sehingga total pasien yang sembuh menjadi 1.008 orang,” ujarnya.

Pihaknya merinci, 8 pasien yang sembuh Covid-19 merupakan warga Kecamatan Tilatang Kamang 4 kasus, Kecamatan Tanjung Mutiara 2 kasus, Kecamatan Palembayan 1 kasus dan Kecamatan Kamang Magek 1 kasus.

Mereka yang menambah daftar pasien sembuh Covid-19 di Kecamatan Tilatang Kamang masing-masing inisial KS (P/38), S (P/67), HRs (P/42) dan IM (L/36). Di Kecamatan Tanjung Mutiara inisial A (L/39) dan ZQA (P/5), Kecamatan Palembayan inisial RS (L/43), Kecamatan Kamang Magek inisial M (P/60).

“Persentase kasus kesembuhan Covid-19 saat ini berada di angka 81,95 persen,” sebutnya.

Selain penambahan kasus kesembuhan Covid-19, Drs. Martias Wanto Dt. Maruhun juga melaporkan penambahan kasus terkonfirmasi sebanyak 8 orang. Total keseluruhan kasus terkonfirmasi menjadi 1.230 orang.

Mereka yang terpapar berasal dari Kecamatan Tilatang Kamang sebanyak 3 kasus inisial SA (P/9), BH (L/73) dan NM (P/9). Kecamatan Banuhampu 3 kasus inisial PA (L), RR (P) dan FHB (L). Kecamatan Lubuk Basung 1 kasus inisial ORDP (P) dan Kecamatan Palembayan 1 kasus inisial WMS (P/31).

“Hari ini juga ada kabar buruk, di mana satu pasien Covid-19 inisial NAI (L/49) asal Baso yang dirawat di RSAM Bukittinggi dinyatakan meninggal dunia, yang bersangkutan juga mengidap Parkinson dan Sirosis Hepatis,” terangnya.

Total kasus meninggal dunia akibat Covid-19 di Kabupaten Agam berjumlah sebanyak 21 orang atau sekitar 1,70 persen.

Mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau anti septik dan mengkonsumsi buah dan makanan sehat lainnya.

“Paling penting selalu gunakan masker setiap beraktivitas, hindari kerumunan, semoga upaya kita memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bisa maksimal, sehingga kasus terkonfirmasi tidak makin bertambah,” ajaknya. (BJR)