Hadapi Pilkada, Karang Taruna Ulakan Tapakis Laksanakan Dialektika Eksistensi Pemuda dalam Pesta Demokrasi

0

Ulakan, CanangNews - Sejarah telah mencatat, bahwa pemuda memiliki peran sangat penting dalam setiap perubahan yang terjadi di negeri ini. Banyak peristiwa besar yang menunjukkan aksi nyata pemuda bagi kemajuan bangsa.
Sejak sebelum proklamasi kemerdekaan hingga sekarang, berbagai kejadian penting tidak bisa dipisahkan dari cerita anak muda bangsa.

Mulai dari berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908, kemudian melahirkan Sumpah Pemuda 1928, terwujudnya Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Peristiwa Malari 1974, hingga masa reformasi oleh pergerakan mahasiswa pada bulan Mei 1998 adalah sebagai bukti kuat peran pemuda dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Berkaitan dengan itu dan semakin dekatnya pelaksanaan Pilkada, generasi muda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Kecamatan Ulakan Tapakis menggelar dialog terbuka atau Dialektika yang bertajuk "Eksistensi Pemuda dalam Pesta Demokrasi". Acara yang diikuti oleh semua pengurus dan anggota Karang Taruna Nagari itu, dilaksanakan pada Sabtu (7/11), bertempat di aula kantor Camat Ulakan Tapakis di nagari Sungai Gimba Ulakan.. 

Terlihat hadir Kasi Trantib. Kecamatan Anesa Satria SH MM yang mewakili Camat Ulakan Tapakis, Ketua Karang Taruna Ulakan Tapakis Adi Saputra dan Anggota PPK Ulakan Tapakis Zainal Abidin, SPd. serta tiga orang Narasumber yaitu, Erik Estarda, SPd.I. Komisioner KPU Kabupaten Padang Pariaman, Syafrial Amir Anggota DPRD Padang Pariaman dan Candra Kirana, SPd. MSi. Akademisi dan pengamat politik.

Ketua Pelaksana Gerhana Rizki Anugerah Ilahi, dalam laporannya menyampaikan. Bahwa mereka terinspirasi untuk menggelar acara ini, agar para pemuda khususnya Karang Taruna bisa berperan dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung tanggal 9 Desember mendatang. Terlaksana acara ini, tidak terlepas dari kekompakan rekan-rekan pengurus dan bantuan para pihak yang peduli dengan program dari Karang Taruna.

"Terima kasih kepada rekan-rekan panitia dan semua pihak, yang telah memberikan dukungan moril dan materil hingga terlaksana acara ini. Semoga acara Dialektika ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar tanpa kendala yang berarti", jelasnya.

Camat Ulakan Tapakis dalam sambutannya yang disampaikan oleh Anesa Satria, sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh generasi muda ini. Karena acara ini digelar pada saat yang tepat, dimana kita akan melakukan pesta demokrasi lima tahunan. Yaitu Pemilihan Gubernur Sumatera Barat dan Bupati Padang Pariaman, yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Anggota karang taruna, mulai sekarang mesti paham dengan ilmu Politik dan praktek Demokrasi. Karena sebentar lagi, setelah kami pensiun tongkat estafet kepemimpinan akan beralih kepada kalian generasi muda saat ini. Untuk itu, kalian harus bisa meyakinkan masyarakat bahwa politik itu tidak kejam dan jahat. Kalau tiba saatnya nanti, lakukanlah budaya politik yang santun dan beretika serta ciptakan suasana pesta demokrasi yang damai dan badunsanak". ujar Anes yang juga biasa dipanggil Datuak itu.

Senada dengan itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Ulakan Tapakis Adi Saputra yang bertindak sebagai Pemantik atau Moderator dalam Dialektika menyampaikan. Saat ini, peran pemuda sangat diharapkan. Generasi muda dituntut untuk berpartisipasi aktif, terutama dalam memberikan suara dan mengajak masyarakat. Sebagai pelaksana atau melakukan pengawasan, serta memberikan masukan dan tanggapan terhadap penyelenggaraan Pilkada.

"Melalui Dialektika ini, sangat diharapkan peran anggota Karang Taruna dalam melakukan sosialisasi dan edukasi  masyarakat serta meningkatkan partisipasi pemilih pemula di kecamatan Ulakan Tapakis. Kemudian, ikut mendorong terwujudnya suasana yang damai dan kondusif dalam penyelenggaraan Pilkada di kabupaten Padang Pariaman". jelas Adi.

Pada kesempatan itu, Kasi Trantib. Anesa Satria, SH.MM. dan Ketua Karang Taruna Ulakan Tapakis Adi Saputra sebagai ucapan terima kasih, menyerahkan piagam penghargaan kepada para narasumber. Sebagai ucapan terima kasih kepada mereka, yang telah berbagi ilmu dan pengalaman kepada anggota Karang Taruna se kecamatan Ulakan Tapakis. (AS/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top